Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Messi, Ronaldo, dan Guardiola Bantu Atasi Corona

Kamis 26 Mar 2020 07:08 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah

Bintang Barcelona Lionel Messi menyumbang uang untuk pemberantasan virus corona. Cristiano Ronaldo dan Pep Guardiola juga menyatakan hal sama.

Bintang Barcelona Lionel Messi menyumbang uang untuk pemberantasan virus corona. Cristiano Ronaldo dan Pep Guardiola juga menyatakan hal sama.

Foto: EPA/QUIQUE GARCIA
Messi dan Guardiola masing-masing mendonasikan satu juta euro.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, dan Pep Guardiola mengulurkan tangan untuk memberikan bantuan kepada tenaga medis dalam mengatasi pandemi virus corona (Covid-19). Messi dan Guardiola masing-masing mendonasikan satu juta euro (sekitar Rp 17,5 miliar). Bantuan itu mereka salurkan ke rumah sakit yang menangani pasien corona di tempatnya masing-masing.

Baca Juga

Lionel Messi akan menyalurkan bantuannya ke Hospital Clinic di Barcelona dan pusat medis lain di kota asalnya di Rosario, Argentina. "Leo Messi memberi sumbangan ke klinik untuk melawan virus corona," tulis Hospital Clinic di Twitter, dikutip dari The World Game, Kamis (26/3). "Terima kasih banyak, Leo, atas komitmen dan dukunganmu." 

Mantan pemain Barcelona sekaligus pelatih Manchester City, Pep Guardiola berkontribusi dalam kampanye yang disuarakan oleh Angel Soler Daniel Foundation dan Medical College of Barcelona. Bantuan yang disalurkan Pep nantinya akan dikelola oleh lembaga amal tersebut.

"Pep Guardiola telah memberikan donasi satu juta euro kepada Angel Soler Daniel Foundation untuk akuisisi dan penyediaan peralatan kesehatan untuk menghadapi pandemi COVID-19," kata sebuah pernyataan dari Medical College of Barcelona.

Mereka menjelaskan, kampanye yang mereka promosikan dan dikelola oleh Angel Soler Daniel Foundation bertujuan untuk membeli perslatan medis yang saat ini tidak ada di pusat kesehatan Catalunya juga sebagai kontribusi keuangan dari semua kalangan seperti dokter, perguruan tinggi dan masyarakat umum.

"Ini juga akan membantu membiayai produksi alternatif, melalui pencetakan 3D dan metode lain, dari respirator dan peralatan perlindungan pribadi untuk staf kesehatan," jelas pernyataan tersebut.

Sementara, bintang Juventus Cristiano Ronaldo dan agennya Jorge Mendes mendanai tiga unit perawatan intensif untuk pasien virus corona di rumah sakit di Portugal. Sebuah rumah sakit di Porto mengatakan kontribusi dari penyerang Juventus dan agennya berupa 15 tempat tidur perawatan intensif yang dilengkapi dengan ventilator dan peralatan lain yang diperlukan. Ini masih ditambah dua unit lainnya dengan 10 tempat tidur, masing-masing akan didirikan di Lisabon. Laporan media mengatakan Ronaldo dan Mendes berkontribusi lebih dari 1 juta euro untuk tiga unit. 

Di Prancis, juara Ligue 1 Paris Saint Germain membuat sumbangan awal sebesar 100 ribu euro untuk badan amal Prancis Secours Populaire.

Di Inggris, kapten Everton Seamus Coleman mengirim pesan video kepada orang-orang Irlandia setelah menyumbangkan 20 ribu euro untuk kampanye Feed The Heroes untuk para pekerja kesehatan di negara asalnya.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA