Sunday, 12 Sya'ban 1441 / 05 April 2020

Sunday, 12 Sya'ban 1441 / 05 April 2020

Cegah Covid-19, IPB Kembali Serahkan Bantuan Alat Kesehatan 

Rabu 25 Mar 2020 18:18 WIB

Red: Irwan Kelana

IPB University kembali menyerahkan bantuan alat kesehatan untuk RS, dinas kesehatan, dan Puskesmas di Kota dan Kabupaten Bogor.

IPB University kembali menyerahkan bantuan alat kesehatan untuk RS, dinas kesehatan, dan Puskesmas di Kota dan Kabupaten Bogor.

Foto: Dok IPB
Sejak 21 sampai 24 Maret 2020, IPB tiap hari menyerahkan bantuan alat kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR –Selasa (24/3), IPB University  kembali menyerahkan bantuan alat kesehatan untuk Rumah Sakit, Dinas Kesehatan dan Puskesmas di Kabupaten dan Kota Bogor. Bantuan alat kesehatan itu ditujukan  untuk membantu penanganan Covid-19.

Hari sebelumnya, Senin (23/3),  IPB University membantu memberikan peralatan kesehatan untuk Rumah Sakit, Dinas Kesehatan dan Puskesmas di Kabupaten dan Kota Bogor.  Yaitu,  RSUD Cibinong, RSUD Cileungsi, RSUD Leuwiliang, RSUD Ciawi, RSUD Kota Bogor dan Puskesmas Cangkurawok.

Adapun bantuan yang diserahkan Selasa (24/3) terdiri dari Virus Transport Medium (VTM) maupun Alat Pelindung Diri (APD) yang sangat dibutuhkan dalam rangka mencegah, mendeteksi dan membatasi penularan infeksi Covid-19.

Bantuan itu   diserahterimakan oleh Dr drh Okti Nadia Poetri dari Divisi Mikrobiologi Medik, Departemen Ilmu Penyakit Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, Fakultas Kedokteran Hewan/FKH IPB University kepada perwakilan dari rumah sakit, dinas kesehatan dan puskesmas. Penyerahan bantuan alat kesehatan itu  bertempat di Gedung Rektorat Andi Hakim Nasoetion, Kampus IPB Dramaga.  Acara itu  disaksikan oleh Kepala Unit Kesehatan IPB University, drg Titik Nurhayati dan  Direktur Umum, Sarana dan Prasarana (DUSP) IPB University, Bambang Kuntadi SP, MM.

Bantuan set APD diberikan masing-masing 50 set untuk RS Ummi;   10 set untuk Puskesmas Cangkurawok;  10 set untuk Puskesmas Leuwisadeng;  10 set untuk Puskesmas Dramaga;  25 set untuk RS As-Syifa Leuwiliang;  dan 50 set untuk Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor. Selain itu juga diserahkan 150 unit VTM untuk Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor.

Set APD ini terdiri dari baju hazmat, masker N-95, kacamata pelindung, pembungkus sepatu, sarung tangan karet biru, sarung tangan karet putih, apron, plastik sampah dan alcohol prep pad. Bantuan APD ini berasal dari Divisi Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Epidemiologi. Sementara VTM dibuat di Divisi Mikrobiologi Medik. Kedua divisi ini adalah dari Fakultas Kedokteran Hewan IPB.

Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria menyampaikan rasa syukurnya bahwa institusi yang dipimpinnya dapat turut berkontribusi membantu institusi kesehatan yang ada di kabupaten dan kota Bogor di saat-saat sulit seperti sekarang ini.  "Semoga bersama-sama kita bisa melalui masa yang sulit ini, " ujar Prof Arif dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Sementara itu,  Ketua Crisis Center IPB University yang juga Wakil Rektor bidang Kerja Sama dan Sistem Informasi,  Prof Dr Dodik Ridho Nurrochmat menambahkan bahwa sehari sebelumnya yaitu pada 23 Maret IPB University juga telah menyerahkan bantuan kepada beberapa rumah sakit, dinas kesehatan dan puskesmas Dinas Kesehatan Kota Bogor.  "Sejak tanggal 21 Maret hingga hari ini berturut-turut kita ada agenda penyerahan bantuan,” jelas Prof Dodik.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA