Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Sierra Leone Umumkan Keadaan Darurat Corona Selama Setahun

Rabu 25 Mar 2020 17:34 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini

Peta Sierra Leone

Peta Sierra Leone

Foto: www.worldatlas.com
Corona disebut bisa membuat kematian besar dan ganggu sosial ekonomi di Sieera Leone.

REPUBLIKA.CO.ID, FREETOWN -- Presiden Sierra Leone Julius Maada Bio mendeklarasikan keadaan darurat kesehatan selama 12 bulan, Rabu (25/3). Langkah itu diambil untuk mengantisipasi penyebaran virus corona baru Covid-19.

Baca Juga

“Penyebaran global yang cepat dari virus corona menimbulkan risiko besar bagi manusia yang dapat menyebabkan kematian besar dan dapat menyebabkan gangguan sosial-ekonomi di Sierra Leone,” kata Bio dalam pidatonya yang disiarkan stasiun televisi, dikutip laman Anadolu Agency.
 
Hal itu menjadi alasannya memberlakukan keadaan darurat kesehatan selama setahun. “Situasi ini memerlukan langkah-langkah efektif untuk mencegah, melindungi, dan mengurangi penyebaran penyakit virus corona di Sierra Leone,” ujar Bio.
 
Dia mengatakan akan mengerahkan personel militer dan kepolisian untuk menegakkan kepatuhan terhadap semua arahan kesehatan masyarakat. Bio menegaskan bahwa langkah terbaru yang diambilnya bukan karantina wilayah atau lockdown. Sehingga, tak ada alasan bagi warganya menimbun barang atau menaikkan harga. 
 
Sierra Leone memiliki populasi 7,5 juta jiwa. Hingga saat ini, negara tersebut belum memiliki kasus Covid-19. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA