Rabu 25 Mar 2020 17:10 WIB

Gagal Total di Barca, Alexander Hleb tak Salahkan Guardiola

Hleb menyesal tidak bisa berbahasa Spanyol.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Alexander Hleb
Alexander Hleb

REPUBLIKA.CO.ID, BORISOV -- Pada 2005 hingga 2008, Arsenal memiliki pasukan muda berkelas. Mereka kompetitif di Liga Primer Inggris dan Eropa.

Salah satu sosok beken bernama Alexander Hleb. Pemain asal Bulgaria itu bisa ditempatkan di area gelandang serang atau winger.

Kegemilangan Hleb membuat Barcelona tertarik meminang yang bersangkutan. Pada musim panas 2008, eks idola Meriam London itu berkostum La Blaugrana.

Para penggemar Barca berharap banyak pada Hleb. Ia digadang-gadang membuat trio mematikan bersama Lionel Messi dan Thierry Henry.

Apa yang terjadi, jauh panggang dari api. Selama di Barca, pria berzodiak taurus itu tampil melempem.

"Itu sepenuhnya salah saya. Bukan Guardiola," kata Hleb dikutip dari Marca, Rabu (25/3).

Saat itu, El Barca dilatih Josep Guardiola. Menurut Hleb, sang entrenador sudah berupaya keras membantunya beradaptasi dengan lingkungan Barcelona dan iklim di Katalan.

Namun Hleb kesulitan melakukan hal itu. Ia bahkan tidak bisa berbahasa Spanyol. "Saya menyesal tidak bisa berbahasa Spanyol," ujar dia.

Hleb lebih banyak dilempar ke klub lain sebagai pemain pinjaman. Kemudian pada Januari 2012, ia dilepas secara permanen ke klub Rusia Krylia Sovetov Samara.

Sejak saat itu, Hleb berganti-ganti klub. Ia tidak lagi mencapai level permainan yang sama seperti di Arsenal.

Meski demikian, secara personal Hleb memiliki kenangan baik di semua klub yang pernah dibelanya. Hleb merasa Barcelona tim terbaik di dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement