Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Aktivis Lingkungan Meksiko Tewas Ditembak

Rabu 25 Mar 2020 16:29 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Nur Aini

Ilustrasi Penembakan

Ilustrasi Penembakan

Foto: pixabay
Aktivis lingkungan Meksiko Herrera sedang berjuang menjaga hutan untuk konservasi.

REPUBLIKA.CO.ID, MEKSIKO CITY — Seorang pengacara sekaligus aktivis cagar alam di Meksiko bernama Isaac Medardo Herrera dilaporkan meninggal setelah ditembak oleh sekelompok pria bersenjata di dekat Cuernavaca, kota di wilayah tengah negara itu. Insiden dilaporkan oleh Komisi Hak Manusia Nasional pada Selasa (24/3). 

Menurut laporan dari kelompok aktivis lingkungan di Jiupetec, Morelos, pelaku pembunuhan Herrera mendatangi rumah pengacara tersebut dan menembaknya sebelum kemudian melarikan diri. Selama empat tahun terakhir, korban sedang berjuang menghentikan rencana pembangunan perumahan di jalur Los Venados yang dinilai memiliki hutan-hutan yang penting untuk area konservasi atau cagar alam. 

Komisi hak Manusia Meksiko melaporkan ada satu aktivis lainnya yang menjadi korban pembunuhan pada tahun ini. Pusat hak-hak lingkungan negata itu kemudian melaporkan bahwa 15 aktivis pembela hak-hak tanah di negara tersebut juga meninggal pada 2019. 

Baca Juga

Seluruh insiden pembunuhan terjadi di Morelos, negara bagian Meksiko yang menjadi lokasi kelompok lingkungan Herrera berpusat menjadi area berbahaya bagi para aktivis cagar alam sejak tahun lalu. Di wilayah tersebut, terdapat sumber daya air yang melimpah dan lokasi yang tidak terlalu jauh dari Ibu Kota Meksiko City nampaknya membuat banyak perusahaan pengembang ingin membangun rumah dan properti liburan di sana. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA