Rabu 25 Mar 2020 15:12 WIB

Pelindo I Bagikan Vitamin C Bagi Petugas Operasional

Pelindo I membagikan vitamin C dosis tinggi ke petugas operasional dan keluarga.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Gita Amanda
PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I melakukan penyemprotan disenfektan di sejumlah area publik yang berada di sekitar wilayah kerjanya.
Foto: Pelindo I
PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I melakukan penyemprotan disenfektan di sejumlah area publik yang berada di sekitar wilayah kerjanya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I (Persero) membagikan vitamin C dosis tinggi bagi petugas operasional dan keluarga. Direktur Utama Pelindo I Dian Rachmawan mengatakan hal tersebut dilakukan kemarin Selasa (24/3) di area Terminal Curah Cair Pelabuhan Belawan.

“Kami membagikan vitamin C dosis tinggi kepada para pegawai yang berada dalam barisan depan pelayanan operasional,” kata Dian dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (25/3).

Baca Juga

 

Dia menjelaskan petugas operasional tersebut meliputi para pandu, operator Container Crane dan Rubber Tyred Gantry Crane, anak buah kapal (ABK) serta pelaksana operasional yang mewakili pelayanan operasional di Terminal Penumpang. Dian mengatakan siplemen tersebut harus dikonsumsi setiap hari bersama anggota keluarga.

“Kami perlu memastikan bahwa SDM Pelindo 1 prima dan sehat dengan mematuhi protokol pelayanan dalam masa pandemik ini,” ujar Dian.

Dalam pelayanan operasional, kata Dian, petugas diwajibkan untuk menggunakan kelengkapan Alat Pelindung Diri (APD), masker, sarung tangan, dan kaca mata. Selain itu juga menerapkan pembatasan sosial dengan menjaga jarak antar individu yang berada di ruang publik.

Selain itu, Dian menambahkan, Pelindo I sudah menerapkan sistem bekerja dari rumah yang merupakan kebijakan melaksanakan pekerjaan sesuai target, berkoordinasi, dan melakukan tugas lainnya dari tempat tinggal pegawai. “Kebijakan WFH Khususnya bagi pegawai administrasi atau non operasional yang diterapkan di Pelindo I diatur dengan skema yang telah ditentukan secara bergantian atau parsial yang diatur oleh masing-masing kepala divisi atau cabang agar mendukung kinerja perusahaan,” ungkap Dian.

Dian mengatakan konsep bekerja dari rumah dilaksanakan menyusul adanya himbauan dari pemerintah untuk mengurangi kegiatan di luar rumah yang bertujuan untuk mengurangi potensi penyebaran virus corona. Selain itu, petugas operasional bekerja dengan sistem shift sehingga operasional pelabuhan tetap berjalan dengan baik selama 24 jam.

Dia menilai, digitalisasi yang telah dilakukan di Pelindo I sangat membantu operasional kepelabuhanan. Dengan begitu menurutnya, interaksi antara petugas dan pengguna jasa baik di kantor maupun di lapangan sudah sangat berkurang.

“Dalam situasi seperti ini, kami menginstruksikan seluruh pegawai Pelindo I untuk menjaga kesehatan tubuh diri sendiri baik fisik maupun mental dan tidak menyepelekan pandemik ini, sehingga keluarga dan lingkungan kerja bisa sehat dan aman,” kata Dian.

Meskipun begitu, Dian memastikan pelayanan operasional di pelabuhan serta arus barang dan logistik tetap berjalan lancar di tengah situasi pandemik seperti ini. Dengan kewaspadaan yang tinggi, lanjut Dian, Pelindo I tetap mengedepankan pelayanan karena pelabuhan menjadi bagian mata rantai perekonomian nasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement