Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Pesan Self Love di Lagu Terbaru Rafi Sudirman

Rabu 25 Mar 2020 04:10 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah

Lagu berjudul When Im All Alone berpesan pentingnya mencintai diri sendiri.

Lagu berjudul When Im All Alone berpesan pentingnya mencintai diri sendiri.

Foto: Dok Rafi Sudirman.
Lagu berjudul 'When Im All Alone' berpesan pentingnya mencintai diri sendiri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan penyanyi anak Rafi Sudirman mengusung tema self-love dalam karya terbarunya. Lagu berjudul "When I'm All Alone" itu menekankan pentingnya menerima dan mencintai diri sendiri sebelum menjalin sebuah hubungan romansa.

"Mungkin orang berpikir, ada di dalam suatu hubungan bakal selalu senang, dan orang juga berpikir mungkin kalau enggak di dalam suatu hubungan mereka enggak bisa senang, padahal kita bisa bahagia walaupun kita single," kata Rafi.

Lewat pernyataan resminya, Rafi bercerita bahwa lagu mengisahkan seseorang yang bisa menikmati hari walau tidak berada di dalam suatu hubungan. Dia mengatakan, judul yang terkesan sedih tidak tercermin dalam keseluruhan lagu.

Terinspirasi dari pengalaman pribadi, Rafi ingin menyampaikan pesan kepada penikmat musik untuk lebih menghargai dan mencintai diri. Pemuda 16 tahun kelahiran Jakarta itu mengingatkan, kebahagian tak harus selalu bergantung pada orang lain.

Dia menggagas plot-twist dengan lirik lagu yang seolah memuja-muja hubungan romansa di awal, tapi kemudian dilanjutkan dengan lirik tentang cinta diri. Dalam aspek musik, Rafi bereksperimen dengan memberikan sentuhan unsur musik elektronik.

"When I'm All Alone" menjadi single pembuka untuk album mini (EP) kedua Rafi yang siap dirilis. EP pertamanya, Bedroom Mix Vol 1, telah hadir pada 2019 berisi lima lagu, termasuk lagu perdana Rafi yang berjudul "Indah Denganmu".

Rafi mengawali karier bermusik dengan tergabung dalam perkumpulan musik "Di Atas Rata-Rata Generasi ke II" bentukan Erwin Gutawa dan Gita Gutawa. Saat ini, dia tergabung dalam Chaseiro All Stars (CHAS) yang dicetuskan oleh musisi Chandra Darusman.

Setelah memenangkan AMI Awards 2017 sebagai penyanyi laki-laki anak terbaik, Rafi semakin mantap berkarya di dunia musik. Dia juga memenangkan Grandprix of Nations Gothenburg Swedia 2019 untuk kategori pop and jaz yang mempertemukan 30 negara.

"Buat saya, music brings joy, dan motivasi itu yang membuat saya semakin hari semakin ingin lebih serius di dunia musik, like I wanna do this for the rest of my life," ungkap Rafi yang menulis dan mengaransemen sendiri lagu-lagunya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA