Monday, 2 Syawwal 1441 / 25 May 2020

Monday, 2 Syawwal 1441 / 25 May 2020

Ratusan Ribu Malaikat Mendoakan Pembaca Alquran

Selasa 24 Mar 2020 22:27 WIB

Red: Hasanul Rizqa

Ilustrasi Anak membaca Alquran. Ratusan ribu malaikat mendoakan pembaca Alquran.

Ilustrasi Anak membaca Alquran. Ratusan ribu malaikat mendoakan pembaca Alquran.

Foto: Republika/Tahta Aidilla
Menurut Imam Ghazali, Alquran dijaga para malaikat.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Ahmad Baraas

Baca Juga

Dalam sebuah hadits Nabi SAW, yang diriwayatkan Ibnu Majah dan al-Hakim dari Annas, disebutkan sebagai berikut, Rasul SAW bersabda, mereka yang senang membaca dan mempelajari kandungan Alquran akan menjadi orang terdekat-Nya.

Pilihan Allah dengan memberikan kemuliaan terhadap mereka yang membaca Alquran merupakan hal yang wajar. Sebab, Allah sendiri memuliakan firman-Nya itu.

Dalam Alquran, Allah menyebutkan, Dia sendiri yang menurunkan Alquran dan Dia pula yang menjaganya (QS al-Hijr: 19).

Sementara, dalam hadits yang diriwayatkan Abu Na'im dari hadis Nu'man bin Basyir, Rasulullah SAW mengatakan, "Seutama-utama ibadah umatku adalah membaca Alquran".

Dalam hadis lainnya yang diriwayatkan Imam Turmudzi dan Ibnu Majah dari Ali RA, disebutkan, "Barangsiapa membaca Alquran, lalu memeliharanya, lalu menghalalkan yang halal dan mengharamkan yang haram, Allah memasukkan dia ke dalam surga."

Dalam surah Al Israa' ayat 82 disebutkan, Alquran bisa menjadi obat penawar dan pembawa kesejukan bagi orang-orang yang beriman. Tidak demikian halnya bagi orang yang zalim, yakni hanya mendapatkan kerugian.

Rasulullah SAW mengatakan, hati manusia itu berkarat seperti halnya besi berkarat. Lalu ditanyakan kepada belia, apa obatnya, ya Rasulullah?

Rasulullah menjawab, "Membaca Alquran dan ingat pada kematian." (HR Al Baihaqi dari Ibnu Umar).

Abu Hurairah RA juga mengatakan, "Sesungguhnya, rumah yang di dalamnya dibacakan Alquran, maka lapanglah penghuninya, banyak kebaikan, malaikat menghadirinya dan syaitan-syaitan meninggalkannya. Sebaliknya, rumah yang tak dibacakan Alquran, maka sempitlah penghuninya, sedikit kebaikannya, malaikat meninggalkannya dan syaitan-syaitan mendekatinya."

Menurut Imam Al Gazali dalam bukunya Ihyaa' Ulumuddin, setiap huruf Alquran dijaga oleh para malaikat. Masing-masing malaikat ikut mendoakan kesejahteraan bagi mereka yang membacanya.

Kitab suci Alquran terdiri atas 114 surat, 6.616 ayat, yang diturunkan secara bertahap di Makkah dan Madinah. Menurut Munawar Khalil dalam bukunya Al Quran dari Masa ke Masa, dengan mengutip ulama Madinah Imam Atha bin Yasar, disebutkan bahwa jumlah kalimat dalam Alquran sebanyak 77.439 kalimat. Adapun jumlah hurufnya sebanyak 325.345 huruf.

Dengan demikian, maka mereka yang membaca Al Quran, berarti didoakan oleh 325.345 malaikat.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA