Selasa 24 Mar 2020 18:43 WIB

Tips Atasi Gangguan Saat Video Conference dengan Zoom

Zoom menjadi salah satu andalan untuk video conference saat WFH.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Salah satu aplikasi yang dijadikan andalan dalam video conference adalah Zoom Video Communications.
Foto: zoom
Salah satu aplikasi yang dijadikan andalan dalam video conference adalah Zoom Video Communications.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seruan untuk kerja dari rumah atau work from home (WFH) demi mencegah penyebaran corona juga menghadirkan tantangan tersendiri bagi sejumlah pegawai. Terutama, bagi pegawai yang diharuskan melakukan video conference. Biasanya, tantangan itu hadir hanya karena belum terbiasa.

Dilansir dari Digital Trends pada Selasa (24/3), salah satu aplikasi yang dijadikan andalan dalam video conference adalah Zoom Video Communications. Karena kurang familier, tak heran jika sesekali ada saja gangguan saat melakukan komuniasi jarak jauh.

Baca Juga

Beberapa persoalan yang kerap terjadi di antaranya adalah webcam dan audio yang tidak beroperasi. Nah, jika persoalan ini terjadi, coba kembali lakukan video conference dan pastikan kita telah menyetujui pemberitahuan "Join with Video" yang muncul sesaat sebelum panggilan berlangsung.

Jika webcam masih juga tidak beroperasi, maka pastikan seluruh aplikasi yang menggunakan webcam sudah ditutup. Karena, Zoom tak akan mengaktifkan webcam jika ada aplikasi lain yang juga sedang menggunakan webcam.

Persoalan berikutnya yang kerap muncul adalah suara yang menggema. Persoalan ini biasanya terjadi karena adanya gangguan frekuensi dari smartphone terutama saat perangkat desktop dan gawai sama-sama melakukan panggilan. Cara mengatasi pun hanya dengan mematikan panggilan dari gawai tersebut.

Selain itu, suara bergema juga dapat terjadi karena speaker yang berdekatan. Jika demikian, maka jarak speaker atau laptop partisipan harus dibuat lebih jauh. Jika tempatnya terbatas, maka suara bergema juga dapat diatasi dengan menekan tombol mute pada salah satu partisipan yang berdekatan.

Selanjutnya, hal yang paling diandalkan dari Zoom Video Communications adalah fitur screen sharing. Tapi, tak jarang yang kurang dapat menikmati fitur ini karena gambar yang putus-putus.

Nah, untuk mengatasinya, kita harus memastikan, koneksi internet yang digunakan memiliki jaringan cukup stabil. Mengingat, fitur ini membutuhkan dukungan jaringan yang cukup mumpuni agar dapat menghadirkan sejumlah video secara bersamaan dengan lancar.

Zoom merupakan sebuah aplikasi remote conferencing yang dirancang di Kalifornia, AS. Aplikasi ini, kerap menjadi rujukan karena mampu menghadirkan video conference, online meeting, dan chatting sekaligus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement