Selasa 24 Mar 2020 18:11 WIB

Dua PDP Corona di RSMS Purwokerto Meninggal Dunia

Kedua pasien dalam pengawasan di RSMS Purwokerto meninggal pada Selasa.

Pasien corona (Ilustrasi).
Foto: The Central Hospital of Wuhan via Weibo/Hando
Pasien corona (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Dua pasien dalam pengawasan (PDP) di Rumah Sakit Umum Daerah Prof. Dr. Margono Soekarjo (RSMS) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dilaporkan meninggal dunia pada hari Selasa. Kepala Bagian Umum RSMS Purwokerto dr. Veronica Dwi Winahyu membenarkan kabar meninggalnya dua PDP tersebut.

"Salah seorang PDP berjenis kelamin perempuan yang berasal dari Purwokerto meninggal dunia pada hari Selasa (24/3), pukul 05.40 WIB, sedangkan seorang PDP berjenis kelamin laki-laki yang berasal dari Kabupaten Cilacap meninggal dunia pada pukul 12.30 WIB," kata Veronica saat dihubungi Antara melalui pesawat telepon.

Menurut dia, pihaknya hingga saat ini masih menunggu hasil pemeriksaan swab dari dua PDP yang meninggal dunia tersebut.

Berdasarkan data, PDP berjenis kelamin perempuan yang meninggal dunia tersebut diketahui masuk RSMS pada tanggal 20 Maret 2020, pukul 20.30 WIB, setelah dirujuk oleh salah satu rumah sakit di Banyumas. Perempuan tersebut diketahui baru pulang dari Solo untuk mengantar suaminya berobat di salah satu rumah sakit pada tanggal 7-8 Maret 2020.

 

Selanjutnya, perempuan tersebut pada tanggal 8 Maret 2020 mengeluhkan sesak napas sehingga sempat menjalani rawat inap di salah satu rumah sakit Purwokerto dan pulang tanggal 11 Maret 2020.

Akan tetapi pada tanggal 12-15 Maret, perempuan tersebut kembali menjalani rawat inap di rumah sakit tersebut dengan keluhan demam dan selanjutnya masuk ke rumah sakit lainnya di Kabupaten Banyumas sejak tanggal 15 Maret hingga akhirnya dirujuk ke RSMS Purwokerto pada tanggal 20 Maret 2020.

Sementara PDP berjenis kelamin laki-laki yang meninggal dunia diketahui sebagai pasien rujukan dari salah satu rumah sakit di Cilacap yang masuk RSMS Purwokerto pada tanggal 20 Maret 2020, pukul 21.00 WIB, dengan keluhan batuk berdahak usai melakukan perjalanan ke sejumlah kota, yakni Yogyakarta, Bekasi, Jakarta, dan Cilacap pada tanggal 20 Februari hingga 4 Maret 2020.

Dalam kesempatan terpisah, Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan salah seorang PDP yang meninggal dunia di RSMS Purwokerto merupakan seorang perempuan berusia 53 tahun, warga Kelurahan Sumampir, Kecamatan Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas.

"Oleh karena hasil tes (pemeriksaan swab, red.) belum keluar, maka meninggalnya belum tentu karena virus corona (COVID-19, red.)," katanya.

Kendati demikian, dia mengatakan proses pemakaman pasien tersebut tetap menggunakan standar operasional prosedur (SOP) penanganan pasien positif Covid-19.

Menurut dia, hal itu dilakukan demi kehati-hatian dan kewaspadaan sehingga keluarga almarhumah diharapkan dapat memakluminya.

TAKE

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement