Selasa 24 Mar 2020 17:41 WIB

Rio Ferdinand: Bek Kanan the Kop Teladan Sempurna

Arnold dianggap piawai menjalankan peran di pinggir lapangan.

Rep: Frederikus bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Trent Alexander-Arnold  berupaya menembus benteng pemain WHU pada laga Liverpool melawaan West Ham United di Anfield, Selasa (25/2)
Foto: Phil Noble/Reuters
Trent Alexander-Arnold berupaya menembus benteng pemain WHU pada laga Liverpool melawaan West Ham United di Anfield, Selasa (25/2)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Siapa bek kanan terbaik saat ini? Tanpa ragu, Rio Ferdinand menyebut nama Trent Alexander-Arnold.

Seorang yang tak hanya piawai dalam bertahan. Arnold menurutnya memberikan kontribusi penting dalam alur penyerangan Liverpool. Sejauh musim 2019/2020 berjalan, pesepakbola 21 tahun itu mengoleksi 13 assist di semua ajang. 

Ferdinand mencontohkan laga the Reds melawan Atletico Madrid di Anfield beberapa hari lalu. Saat itu Arnold benar-benar tampil impresif, konsisten menekan pertahanan Atletico.

"Jika ada bek kanan yang ingin menyaksikan cara bermain di era sepak bola modern ini. Saksikan video itu selama 45 menit. Cara dia mengendalikan permainan dari belakang. Orang terakhir yang melakukan hal seperti itu, adalah Cafu," kata mantan bek Manchester United, dikutip dari Four Four Two, Selasa (24/3).

Saat masih aktif bermain, Ferdinand sering bertemu Cafu di ajang Liga Champions. Nama terakhir pernah bermain untuk AS Roma dan AC Milan.

Ia mengetahui kualitas legenda tim nasional Brasil itu. Kini ia menemukan sesuatu yang sama di bintang klub rivalnya.

"Saya tidak peduli apa kata orang. Dia bermain untuk Liverpool. Trent ada di sekitar pemain level atas," ujar Ferdinand.

Tak hanya dari segi teknis, Arnold, menurut Ferdinand, juga mempunyai mental juara. Masih berusia muda tapi sering mentas di level tertinggi.

Ada banyak bek kanan berkelas di Liga Inggris. Termasuk fullback MU, Aaron Wan-Bissaka. Tetapi Arnold, menurut Ferdinand, ada di posisi teratas.

"Dia berpengalaman, dia bermain di dua final Liga Champions. Dia memenangkan salah satunya, dan kini dia berada di tim yang seharusnya memenangkan liga," tutur sosok yang menjadi pundit sepak bola itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement