Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Bek Real Madrid Alami Penurunan Kekuatan Fisik Misterius

Selasa 24 Mar 2020 17:21 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Bek Real Madrid, Marcelo (tengah) di antara pemain AS Roma pada laga uji coba, Ahad (11/8).

Bek Real Madrid, Marcelo (tengah) di antara pemain AS Roma pada laga uji coba, Ahad (11/8).

Foto: AP Photo/Gregorio Borgia
Usianya baru 32 tahun, tapi kondisinya musim ini tak ada di puncak.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Bek Real Madrid, Marcelo mengalami penurunan fisik dalam dua tahun terakhir. Padahal sosok yang pada bulan Mei nanti akan menginjak 32 tahun dinilai masih usia ideal bagi pesepak bola untuk tampil di level tinggi.

Sebuah media olahraga terkemuka di Spanyol, Marca menyebut Marcelo mengalami penurunan fisik yang misterius. Cedera yang dialaminya tentu menjadi salah satu faktornya. Namun performa terbaiknya tak tampak meski dia sudah fit seratus persen.

Musim ini, pemain asal Brazil ini hanya bermain 19 pertandingan. Empat kali mengalami cedera. Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane pun terus berusaha mengembalikan level tinggi dia seperti beberapa tahun silam.

Dikarenakan kemampuan Marcelo dalam menjaga pertahanan yang menurun, Ferland Mendy kini menjadi pemain sering diandalkan. Musim lalu Marcelo lebih diperhitungkan dengan turun 34 kali walaupun mengalami pasang surut saat Santiogo Solari masih menjadi pelatih Madrid.

Penggemar sudah meragukan kemampuan Marcelo dalam dua tahun terakhir. Namun, kehadiran Zidane kembali dinilai dapat menyelamatkannya. Walaupun Zidane tak bisa menahan tentang isu mengenai masa depan Marcelo bersama Madrid yang mulai muncul.

Marca kemudian membandingkan Marcelo dengan bintang top yang usianya di atasnya namun performa masih di level tinggi. Lionel Messi yang berusia 32 tahun dan akan 33 tahun pada Juni nanti.

Kendati demikian tak ada yang mempertanyakan penurunan fisik Messi. Pemain Barcelona itu bahkan masih memimpin daftar pencetak gol terbanyak sementara La Liga musim ini dengan 19 gol. Dan dia telah memainkan 23 pertandingan.

Cristiano Ronaldo pun masih tak menunjukkan penurunan fisik. Pemain asal Portugal itu justru tak henti-hentinya membuat rekor bersama Juventus. Ronaldo yang berusia 35 tahun hanya absen lima pertandingan musim ini bersama Bianconeri.

Tak ada yang membantah bahwa Ronaldo memiliki tubuh bagus dan pekerja keras. Sehingga hampir tidak ada yang membicarakan mengenai penurunan fisik pemain yang berjuluk CR7 ini.

Rekan satu tim Marcelo sekaligus kapten, Sergio Ramos juga masih menunjukkan permainan level atas meski usianya akan 34 tahun akhir Maret. Kebugarannya masih fit dan selalu menjadi starter Zidane di setiap pertandingan.

Marcelo bahkan kalah dari pemain yang seusia yaitu Angel Di Maria dan Robert Lewandowski. Keduanya menunjukkan fisik prima dan menjadi pemain kunci di masing-masing klubnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA