Selasa 24 Mar 2020 16:52 WIB

Seorang Karyawan NASA Positif Corona

Beberapa misi NASA harus ditunda karena kekhawatiran virus corona.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Dwi Murdaningsih
Pesawat ulang alik NASA, Atlantis dipamerkan di Kennedy Space Center Visitor Complex di Cape Canaveral, Florida, AS.
Foto: AP Photo/John Raoux
Pesawat ulang alik NASA, Atlantis dipamerkan di Kennedy Space Center Visitor Complex di Cape Canaveral, Florida, AS.

REPUBLIKA.CO.ID, FLORIDA -- Seorang pegawai NASA yang bekerja di Kennedy Space Center (KSC) di Florida, Amerika Serikat, dilaporkan positif terinfeksi virus Corona. Ini menjadi kasus positif pertama Covid-19 yang dilaporkan di NASA KSC, yang dikonfirmasi pada Senin (23/3).

Emre Kelly melaporkan untuk Florida Today, bahwa juru bicara NASA di KSC, Tracy Young, mengatakan bahwa agensi memberi tahu bahwa pada Ahad (22/3) seorang karyawan dites positif virus Corona baru, SARS Cov-2, yang menyebabkan penyakit Covid-19.

Baca Juga

Namun, Young mencatat bahwa pegawai yang dinyatakan positif itu kemungkinan tidak tertular penyakit tersebut hingga mereka sudah mulai bekerja jarak jauh dari rumah.

"Karyawan ini terakhir di KSC lebih dari 10 hari yang lalu. Berdasarkan keadaan dan waktu yang telah berlalu sejak karyawan berada di lokasi, kami percaya virus itu diperoleh setelah mereka mulai bekerja jarak jauh dan tidak ada risiko tambahan di KSC dari orang ini," kata Young kepada Florida Today, dilansir di Space, Selasa (24/3).

Young menambahkan, perlindungan dan penanganan dari tenaga kerja di KSC, keluarga mereka serta seluruh komunitas Kennedy tetap menjadi prioritas utama mereka selama masa yang tidak pasti ini. Berita ini muncul setelah adanya pengumuman dari Administrator NASA Jim Bridenstine pekan lalu, yang memerintahkan agar semua karyawan agensi ini, dengan pengecualian personil misi kritis, untuk bekerja jarak jauh dari rumah. Hal ini sebagai bentuk respon NASA atas pandemi virus Corona yang ditingkatkan ke Tahap 3 sebagai bagian dari 'Kerangka Respon' lembaga tersebut.

Pengumunan Bridenstine itu datang setelah keryawan NASA dilaporkan positif Covid-19 di Ames Research Center di Silicon Valley and Marshall Space Flight Center di Alabama. Sejak itulah, NASA menaikkan tiga pusatnya, the Michoud Assembly Facility di Louisiana, Stennis Space Center di Mississippi dan Ames, ke Tahap 4, dengan alasan meningkatnya kekhawatiran terhadap virus Corona.

Sejauh ini, penyebaran virus Corona yang kian meningkat telah menghasilkan sejumlah perubahan di NASA. Selain perubahan dalam kondisi kerja untuk karyawan NASA, saat ini pekerjaan untuk James Webb Space Telescope juga ditahan. Selain itu, sejumlah misi yang berfokus pada sains juga telah ditunda dan jadwal pengembangan pesawat ruang angkasa tidak menentu. Menurut CDC, hingga 23 Maret 2020, tercatat ada lebih dari 33.000 kasus virus Corona di AS dan 400 kematian yang dilaporkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement