Selasa 24 Mar 2020 16:44 WIB

Bangka Tengah Anggarkan Rp 7 Miliar untuk Tangani Covid-19

Pemkab Bangka Tengah meminta masyarakat berdiam diri di rumah.

Ilustrasi virus corona dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat.
Foto: CDC via AP, File
Ilustrasi virus corona dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, KOBA -- Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan anggaran sebesar Rp 7 miliar untuk penanggulangan virus Covid-19. "Kita gelontorkan dari dana insentif daerah (DID) untuk penanganan dan penanggulangan kasus Covid-19," kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh di Koba, Selasa (24/3).

Ia menjelaskan, keselamatan masyarakat lebih utama dan di atas segalanya karena tidak ada satu alasan pun yang dapat menggugurkan jaminan kesehatan di tengah merebaknya virus Covid-19. "Saya meminta kepada masyarakat bisa mematuhi imbauan pemerintah untuk berdiam diri di rumah dan mengurangi aktivitas di luar," ujarnya.

Baca Juga

Ia mengatakan, melarang masyarakat untuk keluar rumah dan berinteraksi sosial bukan berarti memutus hubungan silaturrahim tetapi demi memutus mata rantai peredaran virus berbahaya itu. "Penularan Covid-19 di Indonesia sangat cepat karena intensitas tatap muka, pertemuan masyarakat di ruangan publik tidak dapat dihindari," ujarnya.

Justeru itu, kata dia, pemerintah berupaya mencegah warga beraktivitas di luar rumah minimal selam 14 hari sebagai langkah antiipasi penyebaran virus tersebut. "Kami sedang menyiapkan sarana prasarana yang berhubungan dengan upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement