Selasa 24 Mar 2020 14:13 WIB

Depok akan Lakukan Rapid Tes Covid-19 di Seluruh Puskesmas

Rapid test di Depok akan mulai dilaksanakan pada Rabu (25/3)

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Esthi Maharani
Walikota Depok Mohammad Idris
Foto: Republika/Rusdy Nurdiansyah
Walikota Depok Mohammad Idris

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK--Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan rapid test virus Corona (Covid-19) akan dilaksanakan di seluruh Puskesmas di kecamatan yang ada di Kota Depok. Rencananya akan mulai dilaksanakan, Rabu (25/3).

"Sesuai petunjuk, rencananya rapid tes Covid-19 akan mulai dilaksanakan di seluruh Puskesmas di kecamatan pada Rabu (25/3)," kata Idris di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok, Selasa (24/3).

Menurut Idris, rapid tes akan diprioritaskan bagi Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Dalam Pemantauan (PDP) dan tenaga kesehatan yang pernah kontak erat dengan pasien positif Corona serta tenaga kesehatan yang tidak menggunakan Alat Perlengkapan Diri (APD) lengkap.

"Kami akan menerapkan telekomunikasi pelayanan informasi medis jarak jauh atau telemedis bagi yang ingin berkonsultasi terkait kondisi kesehatannya. Khusus warga yang ingin cek gejala Coronavirus, bisa menghubungi Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112. Selain itu untuk komunikasi dan informasi kegawatdaruratan Covid-19 bisa menghubungi 119," jelas Idris.

Dia menambahkan, pihaknya juga akan terus berupaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Termasuk terus mengingatkan kepada masyarakat agar tetap tinggal di rumah.

"Dihimbau seluruh warga menghindari kerumunan dan keramaian, jaga jarak, dan jaga fisik dari orang lain, agar penyebaran Covid-19 dapat kita dihentikan secara bersama-sama," imbaunya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement