Selasa 24 Mar 2020 04:34 WIB

Stadion di Brasil Diubah Jadi Rumah Sakit Darurat

Sejumlah klub sepakbola Brasil secara sukarela menyerahkan stadion mereka

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Christiyaningsih
Bendera Brasil. Stadion di Brasil diubah jadi rumah sakit darurat. Ilustrasi.
Foto: blogspot.com
Bendera Brasil. Stadion di Brasil diubah jadi rumah sakit darurat. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BRASILIA -- Sejumlah klub sepakbola papan atas Brasil secara sukarela menyerahkan stadion mereka kepada otoritas kesehatan. Stadion tersebut akan digunakan sebagai rumah sakit darurat dan klinik bagi pasien yang terinfeksi virus corona. Separuh dari 20 tim di Seri A Brasil telah menyerahkan stadion mereka.

Pihak berwenang di Sao Paulo dan Rio de Janeiro tengah berupaya memperluas kapasitas rumah sakit untuk menangani pandemi virus corona atau Covid-19. Saat ini, rumah sakit di dua kota besar tersebut telah kewalahan menangani pasien yang terinfeksi Covid-19.

Baca Juga

"Pada situasi saat ini saya ingin mendukung negara kita untuk bekerja menjadi lebih baik. Mari kita jaga orang tua kita dan membantu mereka yang paling membutuhkan," ujar Presiden klub Flamengo, Rodolfo Landim, dilansir Aljazirah.

Pihak berwenang di Sao Paulo mengatakan mereka akan memasang 200 tempat tidur di rumah sakit darurat di sebuah stadion di kota Pacaembu. Langkah ini merupakan upaya untuk mengurangi kepadatan di rumah sakit. Klub sepakbola Santos mengumumkan bahwa klinik darurat akan didirikan di salah satu ruang tunggu di dalam stadion Vila Belmiro.

Menteri Kesehatan Luiz Henrique Mandetta memperkirakan penyebaran Covid-19 akan mencapai puncaknya di Brasil antara April dan Juni. Penurunan infeksi Covid-19 diperkirakan terjadi pada September.

Mandetta memperingatkan sistem kesehatan di Brasil bisa mencapai titik jenuh pada akhir April. Pada Senin pagi, Brasil mengonfirmasi 1.546 kasus Covid-19, dengan 25 kematian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement