Monday, 9 Syawwal 1441 / 01 June 2020

Monday, 9 Syawwal 1441 / 01 June 2020

Pabrikan Mobil Buat Alat Medis Darurat Demi Tangani Corona

Senin 23 Mar 2020 17:09 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih

Ventilator, salah satu alat penting yang dibutuhkan dalam menangani pasien Covid-19.

Ventilator, salah satu alat penting yang dibutuhkan dalam menangani pasien Covid-19.

Foto: BBC
Pabrikan mobil akan bergandengan membuat ventilator untuk tangani corona.

REPUBLIKA.CO.ID, WOLFSBURG--Industri otomotif adalah salah satu industri yang melibatkan kemajuan teknologi. Hal ini pun membuat pabrikan otomotif diajak untuk terlibat dalam menangani pandemi corona. Terutama lewat keterlibatan dalam pembuatan peralatan medis darurat.

Dilansir dari Car Advice pada Senin (23/3), saat ini pemerintah dari sejumlah negara telah melakukan pendataan terkait perusahaan otomotif apa saja yang bisa dilibatkan dalam pembuatan peralatan medis darurat yang sangat dibutuhkan dalam penanganan corona. Salah satu peralatan medis darurat yang dapat diproduksi oleh pabrikan otomotif adalah ventilator.

Beberapa pabrikan yang masuk dalam daftar kerja sama itu diantaranya adalah Volkswagen, Ford dan General Motors (GM). Selain itu, Nissan, Ferrari dan Fiat Grup, Skoda dan Porsche pun akan terlibat dalam misi kemanusiaan ini.

Pabrikan otomotif dinilai memiliki kapasitas ini karena cukup akrab dengan penggunaan teknologi 3D printing. Teknologi ini biasanya digunakan oleh pabrikan otomotif dalam membuat bagian-bagian prototype sebuah mobil dengan menggunakan bahan plastik berkekuatan tinggi

Pada prinsipnya, pembuatan ventilator dan beberapa peralatan medis lainya juga dilakukan lewat proses yang serupa. Untuk melakukan misi mulia ini, pabrikan otomotif pun perlu melakukan pengujian bahan baku yang paling tepat. Selain itu, pabrikan juga perlu memastikan kepada para suplier apakah bahan baku yang diperlukan dapat disediakan.

Menindaklanjuti keterlibatan ini, Volkswagen pun mengeluarkan pernyataan bahwa pembuatan peralatan medis adalah sebuah hal baru bagi pabrikan Jerman ini. Tapi, pabrikan itu menyatakan siap untuk memproduksi peralatan medis setelah mendapat blue print dan sejumlah persyaratan dalam membuat perangkat medis.

Jika hal itu telah diterima oleh Volkswagen, maka pabrikan ini siap untuk melakukan proses produksi dengan dibekali 125 mesin cetak 3D.

Sementara itu, GM menindak lanjuti rencana ini lewat kerja sama dengan Ventec Life Systems. Lewat kerja sama ini, GM berharap bisa berperan dalam meningkatkan produksi ventilator.

Ventilator merupakan sebuah peralatan medis yang berfungsi untuk membantu pernafasan pasien. Dengan ventilator, maka pasien akan terbantu dalam memenuhi pasokan oksigen yang dibutuhkan.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA