Senin 23 Mar 2020 16:13 WIB

Polres Bubarkan Pesta Ronggeng Antisipasi Wabah Corona

Kurangi kegiatan yang melibatkan orang banyak.

Rep: Antara/ Red: Erik
Petugas menyemprotkan disinfektan guna mencegah penyebaran virus corona.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Petugas menyemprotkan disinfektan guna mencegah penyebaran virus corona.

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE -- Kepolisian Resort (Polres) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), bertindak tegas dengan cara membubarkan seluruh acara pesta ronggeng di berbagai titik Kota Ternate, dalam upaya mendukung kebijakan pemerintah mengantisipasi wabah corona atau Covid-19.

"Kami akan bertindak tegas kepada masyarakat abaikan larangan yang melaksanakan kegiatan melibatkan orang banyak. Hal ini dilakukan untuk pencegahan virus Corona atau Covid-19," kata Kapolres Ternate, AKBP Azhari Juanda di Ternate, Senin (23/3).

Dia menyatakan, sebagian anggota kepolisian yang ditugaskan untuk melakukan pengawasan telah menemukan beberapa acara pesta di Ternate, dan pihaknya bertegas untuk dibubarkan sesuai dengan imbauan bahwa tidak boleh membuat kegiatan atau acara melibatkan orang banyak, guna melakukan pencegahan masuknya virus Corona di Kota Ternate.

Oleh sebab itu, Polres Ternate dan Kodim 1501/Ternate akan selalu bahu membahu untuk terus membangkitkan kesadaran masyarakat agar peduli akan diri sendiri dan orang lain dengan cara menjadi bagian dari pemutus mata rantai penyebaran virus Corona.

"Kami kurangi dan hindari melaksanakan kegiatan yang melibatkan orang banyak, jauhi kerumunan, bersentuhan fisik, bersalaman, berdekatan, jangan banyak keluar rumah jika tidak penting," ujarnya.

Dia mengaku, pihaknya melakukan patroli pada Sabtu (21/3) malam, ke sejumlah titik pesta ronggeng yang ada di Kota Ternate dalam rangka memberikan imbauan terkait dengan virus Corona serta membubarkan pesta tersebut.

"Kami mengingatkan kepada masyarakat Kota Ternate, ayo masyarakat, sadar dan pedulilah. Jangan sombong dan apatis, jangan pikir anda kebal, dan tolong juga jaga orang lain karena anda bisa saja jadi penular virus. Jangan sampai kalau sudah terkena penyakit baru menyesal, mencegah lebih baik dari pada mengobati," tuturnya.

Dia meminta kepada masyarakat selalu menjaga diri dan patuhi social distancing serta melakukan perilaku hidup bersih dan sehat. Setiap individu punya tanggung jawab yang besar untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona. "Mari saling mengingatkan satu sama lain untuk bersatu melawan Covid-19 agar Kota Ternate terhindar dari virus tersebut," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement