Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Menparekraf Minta Hotel Jadi Tempat Tinggal Tenaga Medis

Senin 23 Mar 2020 15:46 WIB

Rep: Mabruroh/ Red: Teguh Firmansyah

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama Kusubandio

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama Kusubandio

Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Langkah itu diambil untuk memudahkan tenaga medis dekat dari RS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan  Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama Kusubandio mengatakan pemerintah terus melakukan langkah-langkah dalam upaya penanganan pandemi Covid-19. Begitu juga Kemenparekraf yang saat ini tengah mengupayakan agar hotel-hotel di berbagai daerah dapat menjadi sarana bagi tenaga medis ataupun lokasi isolasi Covid-19.

"Kami sedang mempersiapkan kerja sama dengan jaringan hotel untuk menjadi sarana tempat tinggal bagi tenaga medis dan gugus tugas di berbagai daerah agar mereka lebih dekat dengan RS yang menangani wabah, dan jika diperlukan nantinya bisa menjadi lokasi isolasi mandiri," kata Wishnu dalam konferensi pers di live streaming Youtube pada Senin (23/3).

Usulan ini pun menurutnya, telah dibicarakan dengan Kepala BNPB Doni Monardo selaku Ketua Gugus Tugas Covid-19. Langkah itu juga mengacu pada Intruksi Presiden (Inpres) Nomer 4 Tahun 2020 mengenai refocussing kegiatan, realokasi anggaran, serta pengadaan barang dan jasa dalam percepatan penanganan covid-19.

Selain bekerja sama dengan Jaringan Hotel, Wishnu juga menyampaikan bahwa pihaknya sedang berkoordinasi dengan penyedia transportasi untuk menyediakan alat transportasi bagi tenaga medis dan gugus tugas.

Selain itu, lanjut Wishnu, pemerintah juga akan berupaya mengusulkan stimulus ekonomi agar dapat berupaya meringankan beban biaya buat para pelaku sektor usaha dan ekonomi kreatif. Tujuannya adalah dapat mengurangi potensi PHK karyawan pada sektor tersebut.

"Bapak Presiden dan pemerintah menaruh perhatian yang sangat besar dan tinggi pada sektor pariwisata sebagai salah satu leading sektor ekonomi nasional. Namun untuk menangani dampak covid-19 ini diperlukan kerja sama dari berbagai pihak dan kalangan masyarakat," terangnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA