Senin 23 Mar 2020 13:09 WIB

Tim Velox Pejaten Bantu Disinfektan Fasilitas Publik

Semua dilakukan untuk menimalisasi penyebaran virus corona di Indonesia.

Tim Velox pejaten bantu disinfektan fasilitas publik.
Foto: TIm Velox
Tim Velox pejaten bantu disinfektan fasilitas publik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyebaran virus corona makin meluas di Indonesia. Salah satu yang terbanyak kasusnya ada di DKI Jakarta. Kini semua pihak bahu membahu coba memutus rantai penyebaran virus yang kerap disebut Covid-19 ini dengan proaktif melakukan pembersihan.

Seperti yang dilakukan oleh tim Velox Pejaten yang menyisir dan mendatangi lokasi yang banyak dijadikan tempat berkumpul. Kali ini Tim Velox mendatangi beberapa tempat, salah satunya Panti Asuhan di daerah Tanjung Barat, Jakarta.

Tim datang menggunakan seragam lengkap untuk melakukan sosialiasi dan edukasi gerakan masyarakat hidup sehat (Germas). Tak hanya itu, Tim Velox juga melakukan penyemprotan cairan disinfektan di seluruh area lingkungan panti asuhan, mulai ruang belajar bermain dan kamar tidur.

Semua itu disemprot agar semua area bisa terbebas dari virus corona. "Tak lupa, Tim Velox juga menyerahkan masker dan hand sanitizer kepada perwakilan pengurus panti," tulis Tim Velox dalam keterangan tertulisnya, Senin (23/3).

 

Tak berhenti di situ, kegiatan sterilisasi juga dilakukan Tim Velox di Gereja ST Theresia, Menteng. Di sana tim juga menyemprotkan cairan disinfektan ke seluruh area lingkungan gereja.

Setelah itu, Tim Velox memberikan pemahaman sekaligus sosialisasi untuk melakukan Germas kepada seluruh pengurus gereja. Tak lupa mereka juga menyerahkan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker dan hand sanitizer.

 

Menghentikan wabah Covid-19 memang harus dilakukan dengan gotong royong seluruh masyarakat seperti dilakukan Tim Velox yang bermarkas di Pejaten ini. Dalam beberapa hari belakangan "kami rajin mengunjungi sejumlah tempat untuk melakukan sosialisasi dan dekontaminasi."

Seperti dilakukan pada 21 Maret 2020, di Plaza Kalibata. Tim yang terdiri dari regu dekontaminasi, regu sosialisasi dan regu medis itu mendatangi pusat perbelanjaan itu untuk melakukan dekontaminasi di seluruh areal gedung.

Mereka lakukan itu sebelum pengunjung diperbolehkan berbelanja. Dengan sigap tim dengan seragam putih-putih menelusuri seluruh lorong di gedung tersebut untuk disemprot disinfektan, termasuk lift.

 

Begitu juga bagian luar pusat perniagaan yang dekat dengan pusat keramaian lain seperti stasiun commuter line dan mal lainnya. Selain menyemprotkan disinfektan, Tim Velox juga melakukan sosialisasi gerakan hidup sehat dengan membagikan masker serta memberikan cairan antiseptik untuk membersihkan tangan.

Gerakan Tim Velox ini sejalan dengan gerakan elemen masyarakat lainnya melawan virus corona. Seperti melalui akun kitabisa.com untuk mengumpulkan donasi yang bakal diberikan dalam pengadaan alat-alat kesehatan yang diperuntukan tenaga kesehatan dalam merawat pasien-pasien positif Covid-19.

Semua yang dilakukan untuk menimalisir penyebaran virus corona di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement