Senin 23 Mar 2020 11:41 WIB

Jadwal Operasional KRL Kembali Normal Sore Ini

Jadwal operasional KRL akan kembali normal.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Esthi Maharani
Petugas memeriksa suhu tubuh calon penumpang KRL Commuter Line di Stasiun Bojong Gede, Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/3/2020). .
Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Petugas memeriksa suhu tubuh calon penumpang KRL Commuter Line di Stasiun Bojong Gede, Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/3/2020). .

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mengevaluasi penyesuaian jadwal operasional KRL yang mulai berlangsung Senin (23/3) pagi. VP Corporate Communications KCI Anne Purba mengatakan jadwal operasional KRL akan kembali normal.

“Dari hasil evaluasi, jadwal KRL akan kembali normal mulai sore ini pukul 15.00 WIB dan berlanjut normal hingga seterusnya,” kata Anne, Senin (23/3).

Dengan normalisasi jadwal tersebut, Anne memastikan KRL akan kembali beroperasi melayani 991 perjalanan per hari mulai pukul 04:00 WIB hingga 24.00 WIB. Hal tersebut menurutnya berlaku untuk seluruh 80 stasiun dan seluruh rute KRL.

Meskipun begitu, Anne tetap menghimbau masyarakat tetap beraktivitas dari rumah, kecuali kegiatan yang sangat perlu dan mendesak. “Jadwal KRL Kembali normal tidak untuk dimanfaatkan bepergian dengan tujuan-tujuan yang tidak mendesak,” jelas Anne.

Sebelumnya, KCI melakukan penyesuaian operasional KRL untuk mencegah penyebaran virus korona atau Covid-19. Jam operasional KRL mulai pagi ini (23/3) mulai pukul 06.00 WIB hingga 20.00 WIB dengan mengoperasikan 713 perjalanan KRL.

Anne mengatakan untuk jarak antarkereta untuk lintas Bogor/Depok-Jakarta Kota (pergi pulang) pada pagi dan sore hari 10 sampai 15 menit. Lalu untuk lintas Bogor/Depok/Nambo-Angke/Jatinegara PP (pergi pulang) pada pagi dan sore hari juga 10 sampai 15 menit.

Sementara itu, untuk lintas Bekasi-Jakarta Kota (pergi pulang), Maja/Parungpanjang/Serpong-Tanah Abang (pergi pulang), Tangerang-Duri (pergi pulang), dan Tanjungpriok-Jakarta Kota (pergi pulang) jarak antarkeretanya pada pagi dan sore hari 15 sampai 30 menit.

"Untuk relasi Rangkasbitung-Tanahabang dan Cikarang - Jakarta Kota sesuai jadwal eksisting dengan jam operasional 06.00 WIB hingga 20.00 WIB," ujar Anne.

Anne mengatakan, dalam penyesuaian operasional KRL tersebut, KCI tetap melayani dengan sebagian besar rangkaian kereta formasi 12 ataupun formasi 10. Hanya saja, semua pembatasan jam operasional tersebut mulai sore ini tidak akan berlaku dan kembali normal seperti biasanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement