Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Tiga Pasien Corona RSUD Abdul Moeloek Sembuh

Senin 23 Mar 2020 10:07 WIB

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Andri Saubani

RSUD Abdul Moeloek Lampung (ilustrasi).

RSUD Abdul Moeloek Lampung (ilustrasi).

Foto: Republika/Mursalin Yasland
Hasil dua kali tes tiga pasien di RSUD Abdul Moeloek sudah negatif corona.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Setelah dua kali pengetesan sampel swab hasilnya negatif virus corona (Covid-19), tiga Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di rumah sakit Lampung diperbolehkan pulang ke rumah. Tiga pasien yakni seorang dewasa, dan dua orang balita.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Lampung dr Reihana membenarkan tiga PDP telah pulang, setelah dirawat di ruang isolasi di RSUD Abdul Moeloek Bandar Lampung, dan RSUD Ahmad Yani Kota Metro, Sabtu (22/3). “Dua kali hasil swab-nya negatif,” kata dr Reihana di Bandar Lampung, Senin (23/3).

Seorang lelaki berusia 36 tahun yang dirawat di RSUD Ahmad Yani, diketahui telah menampakkan hasil yang memuaskan setelah dirawat pertama kalinya. Saat sampel swab-nya dikirim bersamaan dengan PDP positif Covid-19, ia telah tampak sehat dan infusnya telah dilepas. Namun, untuk memastikan ia sehat masih menunggu hasil tes kedua swab-nya sembari masih dirawat.

Sedangkan dua balita, yang dirujuk dari Rumah Sakit Belleza ke RSUD Abdul Moeloek, juga sudah menampakkan tanda-tanda sehat, setelah dirawat karena pernah kontak dengan keluarga dan neneknya dari Malaysia. Hasil swab yang kedua, kedua bocah usia 2,5 tahun, dan 1 tahun tersebut negatif Covid-19, dan diperbolehkan pulang ke rumah.

Reihana mengatakan, setelah tiga orang PDP diperbolehkan pulang, jumlah PDP yang masih dirawat di rumah sakit berkurang dari delapan menjadi enam PDP. Keenam PDP tersebut terdiri dari tiga laki-laki, dan satu perempuan yang dirawat di ruang isolasi RSUD Abdul Moeloek, dan seorang perempuan 42 tahun PDP di RSUD Dadi Tjokrodipo Bandar Lampung, dan seorang lagi perempuan 11 tahun di rawat di RSUD Pringsewu.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, seorang warga di Kecamatan Metrokibang, Kabupaten Lampung Timur diduga suspek korona. Saat ini, ia masih dirawat di RSUD Ahmad Yani Kota metro. Warga tersebut diketahui baru tiba dari luar negeri. Saat ini, tim telah mengambil sampel swab dan dikirim ke Balitbangkes Kemenkes di Jakarta.

Sekretaris Daerah Kota Metro A Nasir menyatakan pasien diduga suspek covid-19 tersebut masih di rawat di ruang isoasi RSUD Ahmad Yani. Kondisi pasien, ujar dia, menampakkan membaik setelah dirawat. Pasien tersebut, karena baru pulang dari lawatan ke luar negeri.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA