Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Jika Terpaksa Harus Banget Keluar Rumah, Baca Doa Ini

Senin 23 Mar 2020 05:17 WIB

Red: Elba Damhuri

Doa menjadi sangat penting ketika virus corona makin menyebar. Tampak Ketua Yayasan Askar Kauny Ustaz Bobby Herwibowo di Masjid At-Tin, Jakarta Timur, Selasa (31/12). (Alkhaledi Kurnialam/Republika)

Doa menjadi sangat penting ketika virus corona makin menyebar. Tampak Ketua Yayasan Askar Kauny Ustaz Bobby Herwibowo di Masjid At-Tin, Jakarta Timur, Selasa (31/12). (Alkhaledi Kurnialam/Republika)

Foto: Alkhaledi Kurnialam/Republika
Di rumah saja menjadi sangat penting saat ini terkait Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Ustadz Bobby Herwibowo

Baca Juga

Selama masa karantina sebab covid-19 banyak warga yang mengeluh bosan, terutama anak-anak yang aktif bergerak. Dua puluh empat jam berada di dalam rumah serasa hidup di penjara. 

Mau bagaimana lagi, imbauan pemerintah dan jumlah penderita akibat corona terus bertambah. Itu semua membuat warga makin parno terhadap virus yang ukurannya nanometer ini yang semakin haus korban.

Sebagian orang yang tidak bisa #dirumahaja karena mau tak mau mencari nafkah pun merasa ketar-ketir sebenarnya. Cicilan yang harus dibayar juga kontrakan rumah mendesak mereka untuk tetap mencari nafkah meskipun nyatanya penghasilan merosot tajam sebab semua orang gak berani keluar rumah.

Itu pun yang dialami oleh istri saya saat bilang bahwa bahan makanan sudah mulai habis dan harus beli ke pasar. Ia merasa takut harus keluar rumah. Sebab, angka-angka korban covid-19 yang dibacanya di media terus meningkat. 

Saya pun memberitahukan bahwa jika terpaksa belanja, persiapkanlah dengan baik anjuran-anjuran kesehatan yang berlaku, seperti menggunakan masker, social distancing, tidak menyentuh apa pun dengan tangan, cuci tangan dan mandi begitu pulang dan bla bla bla. Kemudian, ini yang terpenting…, kata saya.

“Apa itu, sayang?” tanya istri.

"Jangan lupa baca doa ini jika kamu keluar rumah, Bismillahi tawakkaltu alallah laa hawla wa la quwwata illa billah. Dengan menyebut nama Allah, aku berserah diri kepada Allah. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali milik Allah…."

Jika seseorang keluar rumahnya dan membaca doa tersebut, para malaikat yang mendengarnya langsung menjamin empat hal: 1) Mendapat petunjuk Allah, 2) Tercukupi segala kebutuhan, 3) Proteksi diri, 4) Setan menjauh darinya. 

Itulah yang dijamin oleh malaikat jika seseorang membaca doa tersebut ketika ia keluar rumah sebagaimana hadits Rasulullah Shalallahu Alaihi wa Salam riwayat Abu Daud & Tirmidzi.

Jika virus corona itu tak ubahnya setan yang akan menyerang kita, saat membaca doa tersebut ketika keluar rumah kita akan dilindungi oleh para malaikat. Virus corona pun akan menjauh atas izin Allah.

Dalam hadist itu juga disebutkan bahwa setan-setan saat ingin menyerang hamba Allah yang keluar rumah setelah membaca doa di atas dihalau oleh setan yang sudah lebih dulu ingin menyerangnya. Setan itu memberitahukan rekan-rekannya, "Gak usah diganggu orang itu sebab ia sudah diberi petunjuk dan dijaga malaikat!"

Nah, bayangkan kalau sebuah virus corona bilang sama teman-temannya kalimat yang sama, pastinya kita akan aman-aman saja dengan penjagaan Allah Ta’ala.

Stay safe & healthy ya sobat!

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA