Wednesday, 4 Syawwal 1441 / 27 May 2020

Wednesday, 4 Syawwal 1441 / 27 May 2020

Madrid Siapkan Sejumlah Antisipasi La Liga Kembali Bergulir

Ahad 22 Mar 2020 11:40 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane.(EPA-EFE/JAVIER LIZON)

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane.(EPA-EFE/JAVIER LIZON)

Foto: EPA-EFE/JAVIER LIZON
Saat ini, kompetisi Liga Spanyol ditangguhkan karena pandemi virus corona.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane memiliki rencana dan skenario khusus saat kompetisi La Liga Spanyol 2019/2020 dimulai kembali. Saat ini, kompetisi ditangguhkan karena pandemi virus corona.

Baca Juga

Dilansir AS, Ahad (22/3), direktur klub telah menjelaskan kepada Zidane skenario potensial yang direncanakan La Liga. Pertama pada 25 atau 26 Maret La Liga akan memantau sejauh mana kurva penyebaran Covid-19 telah berkurang. Kedua pada 15 April, ada analisis jumlah orang yang telah diberi lampu hijau setelah pulih dari virus asal Wuhan, China. 

Sepak bola, jelas, harus beradaptasi dengan langkah-langkah yang diberlakukan oleh pemerintah. Satu-satunya hal yang diketahui dan Zidane juga, adalah bahwa tanggal yang diberikan untuk menyelesaikan kompetisi begitu sepak bola dimulai adalah 30 Juni.

La Liga harus menyesuaikan tanggal berakhirnya kompetisi yang sebelumnya 15 Mei menjadi 30 Mei. Jadi daam interval 1,5 bulan itu, klub harus memainkan 11 pertandingan bersama dengan tahap knock-out Liga Champions dan final. Itu bisa berarti hanya ada interval 48 jam daru satu pertandingan ke pertandingan berikutnya.

Dalam skenario ini, yang paling pas adalah meniru program yang dilakukan selama pramusim, yakni fokus pada penghindaran cedera. Model ini seperti NBA, yang sering memainkan gim back-to-back. Dengan model ini, para pemain banyak bermain dan menggunakan waktu pelatihan untuk pemulihan.

"Ada skenario lain yang sedang dikerjakan staf teknis mengingat kita tidak tahu apa yang ada di depan kita. Hal yang paling penting bagi staf pelatihan adalah ketika para pemain akan dapat berlatih sebagai tim lagi," sebut laporan AS.

La Liga telah menghitung bahwa masih ada 28% dari hak siar televisi yang harus dibayar, yakni sekitar 550 juta euro. Ada juga uang yang diperoleh dari penjualan tiket dan tiket musiman dan untuk alasan itu, klub ingin menyelesaikan musim ini.

Di sisi lain, UEFA dan FIFA menerapkan tindakan darurat yang akan memungkinkan kontrak pemain dan pelatih bakal selesai lebih dari 30 Juni mendatang. Itu berarti liga bisa selesai di bulan Juli. Alhasil Zidane, bersama dengan asisten pelatihnya David Bettoni, serta pelatih fisik, Gregory Dupont bisa mendapatkan perpanjangan masa kerja di Santiago Bernabeu.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA