Ahad 22 Mar 2020 06:12 WIB

Kerjasama Lintas Iman Bahu Membahu Atasi Penyebaran Covid-19

Tim Relawan Gereja Melawan Covid19 melakukan penyemprotan disinfektan di mushola.

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Muhammad Fakhruddin
Ilustrasi penyemprotan disinfektan di rumah ibadah.( EPA-EFE/Hotli Simanjuntak)
Foto: Petugas melakukan penyemprotan cairan disin
Ilustrasi penyemprotan disinfektan di rumah ibadah.( EPA-EFE/Hotli Simanjuntak)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Tim Relawan Gereja Melawan Covid19 (GMC19) telah turut melakukan antisipasi dalam mengatasi penyebaran virus Corona atau Covid-19. GMC19 telah melakukan penyemprotan di sejumlah rumah ibadah.

Pada Sabtu (21/3) misalnya, GMC-19 melakukan penyemprotan di Mushola Wakaf Al - Mustafa di Cipinang Lontar, Jakarta Timur. Tim Relawan GMC19 dipimpin langsung oleh Pendeta Jacky Manuputty yang juga Sekretaris Umum PGI.

Tim bersama-sama melakukan penyemprotan disinfektan di ruang-ruang ibadah di Cipinang Lontar. Selain GPIB Torsina dan GPdI Karmel, tim juga melakukan penyemprotan mushola. Menurut Jacky, beberapa warga sekitar, dari ragam agama dan latar belakang, juga meminta agar turut dilayani.

“Kami sudah merekrut puluhan anak muda untuk menjalankan tugas ini, dan mereka dibagi ke dalam beberapa tim”, kata Pendeta Manuputty dalam keterangan yang diterima pada Sabtu (21/3).

Para relawan itu telah menjalani pelatihan sebelumnya, yang dibagi dalam dua angkatan. Menurut Pdt Manuputty, masih akan dilatih lagi beberapa pemuda lainnya. Mereka datang dari berbagai latar belakang gereja.

Uniknya, Untuk mempersiapkan para relawan gereja tersebut, PGI meminta bantuan fasilitator dari Dompet Dhuafa bersama petugas dari RS PGI Cikini. “Mengatasi dampak buruk virus ini kita tidak bisa berjalan sendiri-sendiri. Kita harus berjalan bersama tanpa batas-batas sosial atau sekat agama," ujar Pendeta Manuputty.

Upaya yang dilakukan ini pun mendapat sambutan positif. Salah satunya dari pengurus mushola yang turut mendapat penyemprotan. “Upaya mengatasi penyebaran Virus Corona ini adalah masalah bersama,” kata Pengurus Mushola Wakaf Al-Mustafa di Cipinang Lontar, Ustadz Heru.

Selain aksi oleh Tim Relawan GMC19 ini, PGI juga menjalin kerjasama dengan Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP) dalam menyemprot ruang-ruang publik lainnya di berbagai tempat.

Menurut Pendeta Manuputty, masih akan dilatih lagi beberapa pemuda lainnya. Mereka datang dari berbagai latar belakang. Kegiatan relawan ini akan dilanjutkan dengan kegiatan penyemprotan di rumah ibadah lainnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement