Saturday, 18 Sya'ban 1441 / 11 April 2020

Saturday, 18 Sya'ban 1441 / 11 April 2020

Istilah yang Muncul Saat Wabah Corona, Apa Saja?

Sabtu 21 Mar 2020 15:59 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah

Ada beberapa istilah yang muncul saat pandemi corona (Foto: ilustrasi corona)

Ada beberapa istilah yang muncul saat pandemi corona (Foto: ilustrasi corona)

Foto: www.freepik.com
Ada beberapa istilah yang muncul saat pandemi corona.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak sedikit masyarakat yang masih belum memahami istilah terkait dengan virus corona (covid-19). Namun, tiga istilah di antaranya, yakni lockdown, karantina, dan isolasi, sering tertukar dari segi pemakaian.

Baca Juga

Satgas Waspada dan Siaga Corona, Dr Erlina Burhan, M.Sc, Sp.P(K) mengtakan, istilah lockdown, karantina dan isolasi pada dasarnya memiliki makna menjaga atau berdiam diri di suatu tempat. Dalam kasus pandemi corona, ketiganya dipakai sebagai imbauan agar masyarakat diminta tidak meninggalkan rumah.

"Lockdown itu karantina, isolasi itu berdiam di suatu ruang atau diam di rumah saja," ujar Juru Bicara Tim Dokter Pasien COVID-19 RSUP Persahabatan itu, belum lama ini di Jakarta.

Namun, tak hanya tiga istilah tersebut yang seringkali salam memahami maknanya. Ini beberapa istilah lain yang sering muncul saat pandemi corona berikut pengertiannya.

Lockdown artinya mengunci masuk keluar dari suatu wilayah/daerah/negara.

Isolasi diperuntukkan bagi yang sakit. Hal ini guna mengendalikan penyebaran penyakit dengan membatasi perpindahan orang (mencegah perpindahan penyakit  dari orang yang sakit

Karantina upaya mengendalikan penyebaran penyakit dg membatasi perpindahan orang (mencegah perpindahan penyakit  ke orang yang sehat)

Social Distancing berarti menjauhi segala bentuk perkumpulan, menjaga jarak antar manusia, menghindari berbagai pertemuan yang melibatkan banyak orang)

Imported Case adalah seseorang yang terjangkit saat berada di luar wilayah di mana pasien melapor

Local Transmission artinya pasien tertular di wilayah dimana kasus ditemukan.

Epidemi adalah penyebaran penyakit secara cepat dg jumlah terjangkit banyak dan tidak normal. Penyebaran ini terjadi di suatu wilayah.

Pandemi artinya penyebaran terjadi secara global.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA