Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Isra Miraj, Awal Turunnya Perintah Sholat Lima Waktu

Sabtu 21 Mar 2020 15:26 WIB

Red: Muhammad Hafil

Isra Miraj, Awal Turunnya Perintah Sholat Lima Waktu. Foto: Sholat berjamaah (Ilustrasi)

Isra Miraj, Awal Turunnya Perintah Sholat Lima Waktu. Foto: Sholat berjamaah (Ilustrasi)

Foto: Republika/Thoudy Badai
Isra Miraj merupakan awal dari perintah sholat lima waktu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ustaz Syamsuddin Noor, S.Ag dalam bukunya "Mengungkap Rahasia Shalat Para Nabi" menyampaikan Isra Miraj merupakan awal dari perintah sholat lima waktu.

"Sudah jelas dalam masalah sholat lima waktu para ulama tidak berbeda pendapat bahwa sholat lima waktu diwajibkan Allah kepada Rasulullah dan umatnya pada malam kejadian Isra dan Miraj," kata Ustaz Syamsuddin Noor.

Adapun kata Ustaz Syamsuddin, perkataan Aisyah istri Rasulullah yang menyatakan bahwa Khadijah (istri pertama Rasulullah) wafat sebelum diwajibkan sholat (sedangkan disebutkan bahwa Nabi Muhammad melakukan shalat wajib bersama Khadijah), menurut pendapat yang kuat (mutamad) menyatakan bahwa sholatnya tersebut adalah sholat sebelum diwajibkannya yang lima waktu.

"Maka yang dimaksud oleh Aisyah dengan perkataan bahwa Khadijah wafat sebelum difardhukan sholat lima waktu. Maka tidaklah ada pertentangan di antara kedua pendapat itu," katanya.

Benar memang bahwa Khadijah wafat sebelum peristiwa Isra Mi'raj. Hal demikian kata Ustaz Syamsuddin seperti penjelasan Imam Ibnu Hajar.

Ustaz Syamsuddin menambahkan, bahwa Yahya Ibnu salam berkata semua keterangan mengenai wajib sholat dalam Alquran yang turum sebelum terjadinya peristiwa di-Isra dan di-Mirajkan, Nabi Muhammad bukanlah sholat lima waktu. Sebab sholat lima waktu itu baru diwajibkan pada malam Nabi Muhammad di-Isra dan di-Mi'rajkan

"Dan hal itu terjadi setahun sebelum hijrah ke Madinah," katanya.




Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA