Monday, 28 Ramadhan 1442 / 10 May 2021

Monday, 28 Ramadhan 1442 / 10 May 2021

BKPM Klaim Animo Investor tidak Menurun

Sabtu 21 Mar 2020 14:50 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Gita Amanda

Ilustrasi Pertumbuhan Investasi(Pixabay)

Ilustrasi Pertumbuhan Investasi(Pixabay)

Foto: Pixabay
Nomor Induk Berusaha yang terbit rata-rata masih ribuan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengklaim animo investor tidak menurun meski Covid-19 mewabah. Komite Investasi Bidang Komunikasi dan Informasi BKPM Rizal Calvary Marimbo mengatakan, Nomor Induk Berusaha (NIB) yang terbit rata-rata masih ribuan.

"Kita cek tadi di dashboard command center BKPM, ternyata animo investor tidak menurun," kata Rizal, dalam siaran persnya, Sabtu (21/3).

Per Jumat pukul 12.00 WIB, BKPM telah menerbitkan 1.078 NIB dengan jumlah izin usaha sebanyak 3.314. Bila dirata-rata, NIB per hari terbit sekitar seribuan. Dalam beberapa bulan terakhir, nilai tersebut tidak terlihat turun.

Rizal mengatakan investor mencari NIB ke BKPM bahkan pada hari libur baik Sabtu dan Ahad. Rata-rata ada permintaan di atas 100 NIB saat libur.
Sesuai Inpres No.7/2019, setelah memperoleh NIB, investor tidak lagi mengurus sendiri izin-izin di kementerian dan lembaga.

Sebab, perizinan sektoral lainnya sudah berada di bawah tanggung jawab BKPM. Saat ini, sebanyak 22 kementerian dan lembaga sudah berkantor di BKPM. Jadi, masuk dan keluarnya sudah di BKPM.

"Tidak usah lagi investor mondar-mandir sendirian atau keluyuran ke kementerian lainnya, masuk di BKPM dan keluar juga di BKPM," kata dia. Kebijakan ini demi memudahkan investor untuk menanamkan modal di Tanah Air.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA