Sabtu 21 Mar 2020 14:50 WIB

BKPM Klaim Animo Investor tidak Menurun

Nomor Induk Berusaha yang terbit rata-rata masih ribuan.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Gita Amanda
Ilustrasi Pertumbuhan Investasi(Pixabay)
Foto: Pixabay
Ilustrasi Pertumbuhan Investasi(Pixabay)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengklaim animo investor tidak menurun meski Covid-19 mewabah. Komite Investasi Bidang Komunikasi dan Informasi BKPM Rizal Calvary Marimbo mengatakan, Nomor Induk Berusaha (NIB) yang terbit rata-rata masih ribuan.

"Kita cek tadi di dashboard command center BKPM, ternyata animo investor tidak menurun," kata Rizal, dalam siaran persnya, Sabtu (21/3).

Baca Juga

Per Jumat pukul 12.00 WIB, BKPM telah menerbitkan 1.078 NIB dengan jumlah izin usaha sebanyak 3.314. Bila dirata-rata, NIB per hari terbit sekitar seribuan. Dalam beberapa bulan terakhir, nilai tersebut tidak terlihat turun.

Rizal mengatakan investor mencari NIB ke BKPM bahkan pada hari libur baik Sabtu dan Ahad. Rata-rata ada permintaan di atas 100 NIB saat libur.

Sesuai Inpres No.7/2019, setelah memperoleh NIB, investor tidak lagi mengurus sendiri izin-izin di kementerian dan lembaga.

Sebab, perizinan sektoral lainnya sudah berada di bawah tanggung jawab BKPM. Saat ini, sebanyak 22 kementerian dan lembaga sudah berkantor di BKPM. Jadi, masuk dan keluarnya sudah di BKPM.

"Tidak usah lagi investor mondar-mandir sendirian atau keluyuran ke kementerian lainnya, masuk di BKPM dan keluar juga di BKPM," kata dia. Kebijakan ini demi memudahkan investor untuk menanamkan modal di Tanah Air.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement