Sabtu 21 Mar 2020 05:32 WIB

Ini Tip Menjaga Stamina Tubuh Lawan Covid-19

Tip sehat itu antara lain makan seimbang, cukup air, dan cukup tidur.

Prof Dr dr Sri Budiarti(Dok IPB)
Foto: Dok IPB
Prof Dr dr Sri Budiarti(Dok IPB)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Penyakit akibat infeksi Covid-19 yang tengah mewabah di seluruh dunia sesungguhnya dapat sembuh dengan sendirinya oleh perlawanan dari pertahanan tubuh manusia. Namun, virus Covid-19 atau corona juga dapat memperparah kondisi tubuh ketika keadaan sistem kekebalan tubuh manusia sedang lemah dan mengidap penyakit penyerta. Lalu, bagaimana agar stamina tetap fit pada saat adanya gempuran virus di sekitar kita?

Prof Dr dr Sri Budiarti, staf pengajar Departemen Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB memberikan tip bagaimana menjaga stamina tubuh agar tetap sehat.

Pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Bogor ini mengatakan bahwa tip sehat adalah makan seimbang tepat waktu tiga kali sehari, cukup air (40 ml/kg BB), cukup tidur (6-8 jam/hari), dan cukup gerak atau olahraga teratur (30 menit per hari).

“Selain itu, bisa mengendalikan stres, menjaga kebersihan diri dan lingkungan dengan mandi dan cuci tangan sebelum dan sesudah makan serta membersihkan tempat tinggal, cukup sinar matahari dan menghirup udara pagi,” kata Prof Sri Budiarti dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Ia menyampaikan bahwa bahan pangan yang dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan tubuh agar tetap fit bersumber dari karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. “Sumber karbohidrat tidak harus nasi, tapi bisa yang lain seperti singkong, jagung, ubi, talas. Lauk-pauk sumber lemak dan protein hewani maupun nabati harus diperhatikan cara mengolahnya, jangan sampai meningkatkan kadar kolesterol darah,” katanya.

Kebutuhan sayur sebagai sumber serat dan mineral, kata dia, dapat dipenuhi dengan aneka sayuran seperti wortel, kol, sawi, kacang, dan buncis bergantian dengan jumlah konsumsi buah dan sayur 400 gram per hari.

“Untuk yang usianya di atas 40 tahun, sebaiknya minum susu sebagai sumber kalsium. Tambahkan jus buah segar sebagai sumber antioksidan. Kurangi gula dan nasi. Konsumsi probiotik. Susu fermentasi secara rutin akan meningkatkan bakteri baik dalam usus yang membantu meningkatkan pertahanan tubuh,” ujar dia.

Selain itu, mencukupi kebutuhan vitamin tidak harus dilakukan dengan mengonsumsi suplemen vitamin C. Aneka buah seperti jeruk, jambu, pisang, pepaya, salak, dan mangga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup untuk mempertahankan kondisi sehat.

Terkait maraknya masyarakat yang mengonsumsi empon-empon, Prof Sri Budiarti menyarankan sebaiknya masyarakat mengonsumsi produk Pusat Studi Biofarmaka IPB yang telah ada hasil penelitiannya dan tertera dosisnya.

“Salam sehat untuk semua. Pesan saya, jangan panik, jaga pertahanan tubuh, hidup bersih, berdoa memohon sehat dan selamat kepada Tuhan Yang Mahakuasa,” ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement