Jumat 20 Mar 2020 14:14 WIB

Presiden Minta Dana Desa untuk Tangani Dampak Covid-19

Presiden Jokowi meminta dana desa digunakan untuk membantu menangani dampak corona.

Presiden Joko Widodo
Foto: Antara/Hafidz Mubarak
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi)  meminta jajarannya agar dana desa segera direalisasikan dalam bentuk program padat karya tunai. Selain itu, dana desa juga bisa digunakan untuk membantu menangani wabah virus corona atau Covid-19. 

"Saya sampaikan kepada Pak Menteri Desa, Mendagri, dan seluruh kepala daerah dan kepala desa agar dana desa segera direalisasikan, terutama berkaitan padat karya tunai," katanya dalam rapat terbatas dengan topik Kebijakan Moneter dan Fiskal Menghadapi Dampak Ekonomi Pandemi Global Covid-19, dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (20/3).

Baca Juga

Selain itu, ia menegaskan bahwa dana desa juga dapat digunakan untuk membantu penanganan wabah Covid-19. "Dan juga membantu penanganan Covid-19 ini harus diperbanyak," katanya.

Presiden Jokowi meminta program padat karya tunai diperbanyak di berbagai kementerian dan lembaga. Menurut Jokowi, saat ini sudah ada beberapa kementerian yang membuat program tersebut. Presiden pun ingin hal tersebut diperbanyak di semua kementerian.

Presiden Jokowi menilai perlu ada kebijakan khusus di bidang moneter dan fiskal dalam menghadapi dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19. Tiga hal yang dilakukan adalah memperkuat penanganan bidang kesehatan dalam pengendalian penyebaran Covid-19, memperbesar program safety net, dan memberikan insentif ekonomi bagi UMKM maupun pekerja sektor informal.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement