Jumat 20 Mar 2020 13:55 WIB

PLN Pastikan Listrik di RS Rujukan Corona Aman

PLN melakukan inspeksi kelistrikan untuk memastikan supply listrik rumah sakit.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Gita Amanda
PLN pastikan keandalan listrik rumah sakit rujukan Covid-19. Foto petugas medis menggunakan alat pelindung diri (APD) di dalam Gedung Pinere, RSUP Persahabatan, Jakarta, (ilustrasi)
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
PLN pastikan keandalan listrik rumah sakit rujukan Covid-19. Foto petugas medis menggunakan alat pelindung diri (APD) di dalam Gedung Pinere, RSUP Persahabatan, Jakarta, (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- General Manager Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Ikhsan Asaad, melakukan inspeksi kelistrikan terhadap rumah sakit yang menjadi rujukan penanganan corona. Tujuannya yaitu memastikan supply listrik ke rumah sakit tersebut cukup dan andal. Adapun rumah sakit yang diinspeksi antara lain Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), Rumah Sakit Pertamina Jaya dan RSPI Sulianti Saroso.

PLN memantau secara khusus rumah sakit besar yang ada di Jakarta dan sekitarnya dimana terdapat pasien yang diisolasi karena masuk dalam Pasien Dalam Pengawasan (PDP), suspect, maupun yang sudah positif terjangkit corona. Standard Operational Procedure (SOP) yang diterapkan terhadap rumah sakit besar tersebut antara lain, Pertama, Sistem kelistrikan dipasok dari 2 sumber, apabila sumber listrik utama mengalami gangguan maka langsung dipindahkan ke sumber listrik cadangan.

Baca Juga

Kedua, Petugas PLN selalu standby untuk melakukan pengecekan dan pemeriksaan secara real time dan selalu berkoordinasi dengan petugas kelistrikan Rumah Sakit terkait kontinuitas pasokan listrik. Ketiga, PLN juga memberikan bantuan supervisi instalasi listrik milik pelanggan rumah sakit agar pasokan listrik selalu tersedia dan handal.

“Listrik menjadi salah satu sumber energi vital pelayanan di rumah sakit khususnya dalam kondisi wabah corona seperti sekarang ini. PLN siap memberikan keandalan dan pasokan listrik yang cukup,” jelas Ikhsan Kamis, (19/3).

Dalam memberikan kecukupan kebutuhan energi listrik, PLN juga telah melakukan penambahan daya sementara listrik di Rumah Sakit Pertamina Jaya sebagai rumah sakit BUMN yang didedikasikan khusus untuk penanganan pasien Corona. Tambah daya sebesar 1110 kilo Volt Ampere (kVA) selesai pengerjaannya pada 17 Maret 2020.

Dalam pelaksanaan pekerjaan di lapangan, petugas PLN juga telah dibekali dengan Alat Pelindung Diri (APD) termasuk masker dan hand sanitizer. Petugas juga bekerja secara split work sebagai langkah social distancing. Pengaturan jarak antar petugas dan juga dengan orang lain di lapangan juga diterapkan oleh petugas PLN saat menjalankan tugasnya.

“Kami juga selalu mengingatkan teman-teman di lapangan untuk menjaga kesehatan seperti cuci tangan, makan bergizi, olah raga cukup, istirahat, dan tentunya berdoa kepada Tuhan YME agar selalu dalam lindunganNya,” tambah Ikhsan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement