Jumat 20 Mar 2020 13:02 WIB

Kota Padang Tutup Wisata Pantai Air Manis dan Gunung Padang

Penutupan wisata Pantai Air Manis dan Gunung Padang untuk mengantisipasi corona.

Red: Nur Aini
Pantai Air Manis, Padang.(gosumatra.com)
Foto: gosumatra.com
Pantai Air Manis, Padang.(gosumatra.com)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat, menutup secara resmi dua objek wisata yang ada di daerah itu yaitu Pantai Air Manis dan Gunung Padang mulai 20 Maret hingga 2 April 2020 mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

"Penutupan dilakukan sebagai antisipasi guna menghindari penyebaran corona, kepada wisatawan dimohon pengertiannya termasuk kepada pedagang yang ada di lokasi," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Arfian di Padang, Jumat (20/3).

Baca Juga

Ia berharap pengunjung bisa memahami sehingga tidak memaksakan diri tetap berwisata saat ini. Sementara, untuk Pantai Padang karena aksesnya merupakan jalan umum sulit dilakukan penutupan.

Akan tetapi, pihaknya tetap mengimbau pedagang mengutamakan kesehatan seperti menyediakan cairan sanitasi tangan. Kebijakan itu diambil untuk mencegah dan mengantisipasi corona karena saat ini yang lebih prioritas adalah kesehatan dan keselamatan warga.

Pantai Air Manis merupakan salah satu destinasi pariwisata yang banyak dikunjungi pengunjung, terutama pada hari libur. Terakhir pada masa libur Lebaran 2019 jumlah pengunjung mencapai 5.000 orang lebih dalam satu hari.

Salah satu hal yang membuat pantai itu menarik adalah batu Malin Kundang, sebagai perlambangan dari cerita legenda Malin Kundang yang dikutuk menjadi batu dan dikenal luas masyarakat di Indonesia. Sementara Gunung Padang adalah kawasan wisata berupa bukit yang berada dekat Pantai Padang dengan ketinggian sekitar 80 meter di atas permukaan laut yang berlokasi di seberang selatan dari muara Batang Arau dan termasuk dalam wilayah Kecamatan Padang Selatan.

Gunung Padang menyimpan kombinasi antara panorama yang indah dan legenda cinta Siti Nurbaya yang dikawin paksa dengan Datuak Maringgih. Di puncak Gunung Padang terdapat Taman Siti Nurbaya yang merupakan interpretasi tempat Syamsul Bahri dan Siti Nurbaya memadu kasih semasa hidupnya. Taman ini menyajikan panorama alam yang sangat indah dengan menghadap laut dan pemandangan Kota Padang dilengkapi taman-taman dengan pepohonan yang rindang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement