Jumat 20 Mar 2020 11:29 WIB

Empat Planet Dalam Posisi Berdekatan Tampak Sebelum Fajar

Merkurius dan Saturnus juga bisa terlihat sebelum fajar.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Jupiter dan Mars memiliki garis bujur langit yang sama pada awal Jumat (20/3) pagi.
Foto: space.com
Jupiter dan Mars memiliki garis bujur langit yang sama pada awal Jumat (20/3) pagi.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON—Jupiter dan Mars memiliki garis bujur langit yang sama pada awal Jumat (20/3) pagi. Kedua planet ini juga melakukan pendekatan yang dikenal sebagai appulse.

Pada saat itu, jarak mereka akan kurang dari satu derajat. Di Amerika Serikat bagian timur, momen itu terjadi sekitar 30 menit sebelum matahari terbit.

Baca Juga

Di New York City, misalnya, baik Jupiter maupun Mars naik sekitar pukul 04.00 waktu setempat. Di bagian dunia, di mana Jupiter dan Mars berada di bawah cakrawala, kedua planet tersebut masih tampak dekat satu sama lain pada pagi hari. Posisi mereka ada di atas tenggara sebelum fajar.

Seperti yang dilansir dari Space, Jumat (20/3), di langit tidak hanya ada Jupiter dan Mars. Saturnus juga bersinar terang ke atas kiri, sementara Merkurius muncul sebelum matahari terbit.

Merkurius terlihat di New York City pada 05.58 waktu setempat, tepat satu jam sebelum matahari terbit. Sementara Jupiter dan Mars berada di dekat konstelasi Sagitarius, Saturnus akan berada di perbatasan antara Sagitarius dan konstelasi Capricornus yang berdekatan.

Bulan sabit yang memudar terlihat di Capricornus sekitar setangah jam sebelum Merkurius dan sekitar 90 menit setelah Jupiter dan Mars. Merkurius sangat sulit dikenali karena sangat dekat dengan matahari di langit Bumi.

Bagi yang belum memiliki kesempatan melihat Merkurius, planet tersebut akan mencapai perpanjangan terbesarnya pada 24 Maret. Pada tanggal itu, Merkurius akan mencapai ketinggian sekitar 11 derajat saat matahari terbit. Peristiwa ini memberikan kesempatan lebih lama bagi seseorang untuk melihatnya tanpa ada halangan dari sinar matahari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement