Jumat 20 Mar 2020 00:05 WIB

Bill Gates Ungkap 2 Kunci Taklukan Covid-19 dalam 2 Bulan

Hal pertama yang perlu dilakukan negara adalah melakukan pengetesan Covid-19.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Andi Nur Aminah
Bill Gates(EPA)
Foto: EPA
Bill Gates(EPA)

REPUBLIKA.CO.ID, Saat ini ada sekitar 176 negara dan teritorial di dunia yang sedang berperang melawan pandemi Covid-19, termasuk Indonesia. Pendiri perusahaan teknologi raksasa Microsoft Bill Gates mengungkapkan ada dua kunci penting dalam mengendalikan pandemi Covid-19.

Dalam sebuah sesi Ask Me Anything di Reddit, Gates ditanya mengenai perkiraan berapa lama pandemi Covid-19 akan berlangsung. Menjawab pertanyaan tersebut, Gates menilai kasus Covid-19 di suatu negara bisa menurun secara signifikan dalam hitungan minggu bila negara tersebut melakukan dua hal.

Baca Juga

Hal pertama yang perlu dilakukan negara adalah melakukan pengetesan Covid-19 dengan baik. Hal kedua yang perlu dilakukan setelahnya adalah melakukan shut down untuk sementara waktu. "Bila sebuah negara melakukan pekerjaan yang baik dalam pengetesan dan kemudian melakukan shut down selama 6-10 minggu, negara itu akan mendapati lebih sedikit kasus dan akan bisa kembali beroperasi," ujar Gates dalam sebuah sesi Ask Me Anything di Reddit, seperti dilansir CNBC.

Lebih lanjut, Gates mengatakan shut down yang dia maksud adalah melakukan social distancing atau menjaga jarak sosial. Pengetesan dan juga jaga jarak sosial yang dilakukan sekitar dua sampai tiga minggu dinilai Gates cukup efektif untuk menurunkan tingkat infeksi yang terjadi di suatu negara.

Gates menilai dampak Covid-19 terhadap perekonomian suatu negara, khususnya negara-negara berkembang, memang mengkhawatirkan. Namun akan jauh lebih mengkhawatirkan bila masyarakat di negara berkembang dan negara-negara dengan kapasitas rumah sakit rendah tidak mampu menjalani anjuran jaga jarak sosial sebaik negara-negara maju.

"Saya khawatir dengan semua kerugian ekonomi, tapi yang lebih buruk lagi adalah bagaimana hal ini berdampak pada negara-negara berkembang yang tidak bisa melakukan social distancing," jelas Gates.

Selain itu, Gates juga mengungkapkan ada satu hal yang bisa dilakukan masyarakat untuk membantu negara bangkit dari pandemi Covid-19. Hal tersebut adalah bersikap tenang saat menghadapi pandemi Covid-19.

Hal serupa juga pernah disampaikan Gates saat menjadi pembicara dalam TED Talk. Saat itu, Gates mendapatkan pertanyaan mengenai bagaimana orang-orang bisa lebih siap dalam menghadapi suatu pandemi. "Kita perlu memiliki kemampuan utnuk meningkatkan alat diagnostik, obat-obatan dan vaksin dengan sangat cepat," ungkap Gates.

Gates mengatakan upaya ini bisa diwujudkan dengan pemanfaatan teknologi bila investasi yang tepat dilakukan. Negara-negara di dunia bisa bekerjasama untuk melakukan hal ini.

"Kita sudah menciptakan CEPI, Koalisi untuk Inovasi Kesiapan Epidemi yang telah membuat beberapa vaksin, tapi itu membutuhkan dana di tingkat yang lebih tinggi untuk bisa memenuhi kapasitas produksi skala besar untuk dunia," jelas Gates. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement