Jumat 20 Mar 2020 00:20 WIB

Lomba Inovasi Ventilator untuk Pandemi Covid-19 Digelar

Ventilator yang ada saat ini dinilai tak cukup untuk menangani kasus-kasus Covid-19.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Andi Nur Aminah
Ventilator, salah satu alat penting yang dibutuhkan dalam menangani pasien Covid-19.
Foto: BBC
Ventilator, salah satu alat penting yang dibutuhkan dalam menangani pasien Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, Mesin ventilator merupakan salah satu alat yang dibutuhkan untuk membantu pasien-pasien Covid-19. Akan tetapi, ventilator yang ada saat ini dinilai tidak cukup untuk menangani kasus-kasus Covid-19 di dunia.

Menyadari hal ini, pusat inovasi Ennomotive mengelar sebuah kompetisi non-profit daring terkait penciptaan ventilator. Kompetisi ini digelar untuk menemukan inovasi ventilator yang bisa dibuat dengan mudah dan minim biaya.

Baca Juga

Tujuan utama digelarnya lomba ini adalah untuk mempercepat ketersediaan ventilator di rumah sakit yang ada di berbagai belahan dunia. Ketersediaan ventilator yang cukup di rumah sakit diharapkan dapat membantu pasien-pasien yang terdampak Covid-19 dan membutuhkan bantuan ventilator.

Dilansir New Electronics, jumlah kasus Covid-19 tampak meningkat dua kali lipat setiap tiga hari di banyak negara. Di sisi lain, sekitar 20 persen dari pasien Covid-19 diperkirakan membutuhkan rawat inap.

Sebanyak lima persen dari pasien Covid-19 yang dirawat inap perlu dirawat di ruang ICU. Oleh karena itu, kebutuhan akan ventilator di berbagai belahan dunia yang terdampak Covid-19 juga meningkat.

Melalui kompetisi daring ini, Ennomotive berupaya untuk fokus dalam menemukan inovasi ventilator yang bisa disesuaikan atau dibuat dari komponen industri berstandar yang bisa digunakan ulang dan umum digunakan di dunia. Opsi lainnya adalah ventilator yang terbuat dari elemen-elemen universal atau elemen-elemen yang mudah ditemukan dalam keseharian.

Tantangan ini terbuka untuk umum bagi semua engineer profesional, perusahaan, pusat teknologi, pelaku industri hingga akademisi dengan latar belakang pendidikan teknik. Pihak-pihak yang memiliki solusi terkait inovasi ventilator ini bisa ikut berpartisipasi.

Inovasi yang terpilih nantinya akan menjadi kontribusi kunci untuk melawan pandemi Covid-19. Inovasi yang terpilih juga akan dibuka kepada publik dan Ennomotive akan membiayai pengembangan prototipe terbaik pada tahap berikutnya.

Mengingat urgensi keadaan saat ini, tenggat waktu untuk mengirimkan ide inovasi ventilator ini ialah 25 Maret 2020. Informasi lebih lanjut bisa ditemukan pada laman //www.ennomotive.com/icu-ventilators-covid-19//. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement