Kamis 19 Mar 2020 21:06 WIB

Prabowo: Pesawat TNI akan Angkut Alat Kesehatan dari China

Penggunaan pesawat TNI untuk mempermudah birokasi antarpemerintah kedua negara.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ratna Puspita
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) berbincang dengan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) berbincang dengan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto, meminta pesawat milik TNI digunakan untuk mengambil alat-alat kesehatan dari Shanghai, China. Itu dilakukan untuk mempermudah proses birokasi antarpemerintah kedua negara.

"Kemarin (18/03), Menhan, Prabowo Subianto, meminta penggunaan Pesawat TNI untuk mengambil alat-alat kesehatan dari Shanghai untuk mempermudah proses birokrasi G-to-G (antarpemerintah)," jelas Jubir Menhan, Dahnil Anzar Simanjuntak, melalui keterangan tertulisnya, Kamis (19/3).

Baca Juga

Dahnil menjelaskan, langkah tersebut akan memakan waktu lebih singkat jika dibandingkan dengan penggunaan fasilitas lainnya. Langkah tersebut diambil untuk membantu Tim Gugus Tugas Covid-19 seperti yang diperintahkan Presiden Joko Widodo. 

Rencananya, pesawat akan diberangkatkan dalam waktu dekat. "Segera (diberangkatkan) satu dua hari ini," jelas dia.

Dahnil mengungkapkan, alat-alat kesehatan yang akan diambil di Shanghai berupa masker sekali pakai, masker n95, pakaian pelindung, kacamata google, sarung tangan, pelindung sepatu, termometer inframerah, dan topi bedah. Alat-alat tersebut nantinya dapat digunakan untuk tim medis Kemhan dan TNI untuk membantu Gugus Tugas Covid-19 dan para tenaga medis lainnya.

"Dan para dokter yang sudah berjuang dilapangan dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Corona Virus Disease 2019," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement