Thursday, 5 Syawwal 1441 / 28 May 2020

Thursday, 5 Syawwal 1441 / 28 May 2020

Tip Seduh Kopi di Rumah Ala Otten Coffee

Kamis 19 Mar 2020 15:26 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda

Menyeduh kopi. Berdiam di rumah saat corona mewabah, penggemar kopi masih bisa menyeduh kopi enak.

Menyeduh kopi. Berdiam di rumah saat corona mewabah, penggemar kopi masih bisa menyeduh kopi enak.

Foto: EPA/WU HONG
Berdiam di rumah saat corona mewabah, penggemar kopi masih bisa menyeduh kopi enak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA —  Anjuran tinggal di rumah bertujuan untuk mengurangi interaksi sosial. Dengan begitu, semua aktivitas harus dilakukan di rumah saja.

Berdiam di rumah tak serta merta berarti kebiasaan orang menikmati kopi menjadi berkurang. Semua orang masih bisa menikmati kebiasaan ngopi selagi di rumah, tanpa mengurangi kualitas minumannya dan tetap menjaga interaksi sosial.

Pelopor niaga elektronik di bidang kopi, Otten Coffee memberikan lima tip supaya orang-orang bisa ngopi sehat dan berkualitas di rumah agar tetap produktif beraktivitas. Pertama, selalu mulai dan akhiri dengan tangan yang bersih.

Baca Juga

Biasakan mencuci tangan selama 20 detik menggunakan sabun dan air mengalir sebelum dan setelah menyeduh kopi. Pastikan tangan sudah benar-benar bersih, termasuk bawah kuku dan sela-sela jari.

Kedua, pastikan peralatan untuk menyiapkan dan menghidangkan kopi semuanya higienis. Menjaga kebersihan peralatan ngopi secara berkala sangat dianjurkan. Tujuannya untuk menghindari paparan bakteri dan virus pada alat-alat itu. Cuci bersih dan lap sampai kering semua peralatan sebelum digunakan.

Ketiga, gunakan cangkir kopi yang menarik. Salah satu faktor yang membuat orang senang ngopi di kedai adalah cangkir-cangkirnya yang menarik.

Rasanya ada yang kurang jika ngopi dengan cangkir yang tak layak. Karena itu, agar minum kopi di rumah terasa berkualitas, gunakan cangkir-cangkir menarik, baik untuk menghidangkan espresso ataupun cappucino. Gunakan juga cangkir yang spesifik untuk filter coffee dan cold brew.

Keempat, cari referensi resep favorit. Supaya makin semangat, cari resep kopi seduh dari media sosial atau sumber lain di internet. Salah satu yang bisa mengunjungi ilaha akun Instagram @ottencoffee yang sedang bagi-bagi resep #seduhkopidirumah.

Kelima, lengkapi alat seduh dan biji kopi. Biasanya, alasan orang memilih pergi ke kedai kopi adalah kurangnya alat seduh dan biji kopi sendiri.

Pecinta kopi bisa mulai dengan melengkapi dulu perangkat manual brew serta single origin. Dengan begitu, mereka yang sedang bekerja di rumah tidak bosan dan bisa berganti-ganti rasa minuman kopinya setiap hari.

Bingung mencari biji kopi dan peralatan kopi di tengah wabah corona? Belanja daring bisa menjadi pilihan untuk mendukung imbauan #dirumahaja.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA