Kamis 19 Mar 2020 11:40 WIB

Upaya Pembunuhan Rasulullah SAW yang Gagal di Khaibar

Oknum Yahudi membubuhkan racun di makanan Rasulullah SAW.

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Nashih Nashrullah
Oknum Yahudi membubuhkan racun di makanan Rasulullah SAW. Khaibar(hasmi.org)
Foto: hasmi.org
Oknum Yahudi membubuhkan racun di makanan Rasulullah SAW. Khaibar(hasmi.org)

REPUBLIKA.CO.ID, Upaya pembunuhan terhadap Rasulullah SAW tak hanya dilakukan sekali dua kali. Beberapa kali para pembencinya hendak melakukan pembunuhan terhadap Rasulullah.

Di antaranya kisah yang disajikan buku Para Penentang Muhammad SAW karya Misran Jusan dan Armansyah. Mulanya, pasukan Muslim berhasil mengalahkan musuh dalam Perang Khaibar yang meletus pada akhir tahun keenam Hijriyah.  

Baca Juga

Khaibar merupakan basis Yahudi yang cukup besar. Di daerah itu, banyak berdiri benteng-benteng yang dihuni sejumlah kelompok Arab yang anti-Islam. Jaraknya sekitar 100 mil arah barat laut Madinah. Para pemimpin mereka berkomplot untuk menyerang Madinah.   

Akan tetapi, Rasul SAW lebih dahulu mengetahui rencana jahat ini. Beliau pun memimpin pasukan untuk mengepung Khaibar. Akhirnya, kaum Yahudi setempat bersedia melakukan perundingan damai dengan Muslimin. Bagaimanapun, itu bukanlah akhir dari peristiwa Khaibar.  

Di antara para penghuni benteng, tersebutlah Zainab binti Al Harits. Perempuan ini menaruh dendam kesumat pada Nabi SAW dan kaum Muslimin umumnya. Dalam peperangan terakhir, dia kehilangan ayah, paman, dan suaminya. Dia pun menyiapkan rencana jahat untuk melampiaskan dendam itu.

Waktu itu, keadaan sudah damai. Pasukan Muslimin yang baru pulang dari pengepungan Khaibar merasa lelah dan bersiap-siap istirahat. Sementara itu, beberapa orang Khaibar mengabarkan kepada mereka hingga tiba ke Rasul SAW.

Masyarakat Khaibar hendak menghadiahkan sajian makanan kepada kaum Muslimin, termasuk Nabi SAW. Semua jamuan pun siap dan tersaji. Di antara semua hidangan, terdapat satu yang tampak mencolok, yakni domba panggang. Masakan itu memang kegemaran Rasulullah SAW, sehingga para sahabat meletakkannya di depan Rasul SAW.

menyantap Ketika kaum Muslimin hendak hadiah itu, tiba-tiba beliau berkata, “Cukup! Berhentilah kalian makan. Para sahabat terkejut. Beliau lalu menjelaskan, ada racun di dalam makanan yang dihadiahkan orang-orang Khaibar itu.” 

Rasul SAW lantas menyuruh para sahabat untuk membawa Zainab binti al-Harits ke hadapannya. Sebab, perempuan itulah yang menjadi juru masaknya. 

“Apakah engkau membubuhi racun pada domba panggang ini?” tanya Rasul SAW. Siapa yang mengatakannya kepadamu? tanya Zainab kembali. “Paha bagian depan domba ini (yang memberi tahu),” ujar beliau.

Akhirnya, Zainab mengaku sebagai pelakunya. Para sahabat begitu marah terhadap perempuan tersebut. Bahkan, salah seorang di antaranya meminta persetujuan Nabi SAW untuk membunuhnya. 

“Wahai Rasulullah, bolehkah kami membunuh perempuan ini? Jangan lakukan itu,” cegah Rasulullah SAW.

Demikianlah, Nabi SAW memilih untuk memaafkan Zainab binti Al Harits. Beliau menginstruksikan kepada para sahabat yang telanjur mengonsumsi sajian itu agar melakukan bekam. Hal itu supaya zat beracun yang sempat masuk ke dalam tubuh mereka dapat dikeluarkan.  

Di antara mereka ada yang tak selamat, yakni Bisyr bin al-Barra'. Bagaimanapun, efek racun dari Zainab tersebut terus membekas pada fisik Rasul SAW. Pada hari-hari terakhir kehidupannya, beliau dijenguk ibunda Bisyr bin al-Barra'.

“Wahai Rasulullah, aku tidak pernah melihat demam sepanas ini,” kata Ummu Bisyr. Ketika ujian bertambah, pahalanya pun dilipatgandakan. Orang-orang berkata bahwa Rasulullah diganggu setan.

“Tidak, setan tak punya kuasa sama sekali menggangguku. Tapi, semua ini adalah akibat dari daging beracun yang aku makan dulu bersama putramu di Khaibar. Hingga hari ini, aku masih merasakan gejalanya dan sepertinya tak lama lagi putuslah urat leherku ini,” tutur Nabi SAW. Kisah di atas merupakan salah satu uraian yang termaktub dalam buku Para Penentang Muhammad SAW.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement