Rabu 18 Mar 2020 22:55 WIB

RSUD Mamuju Siapkan Ruang Isolasi Pasien Corona

Manajemen RSUD Mamuju berharap pemerintah alokasikan pembelian APD

Dokter patologi klinik memeriksa sampel media pembawa virus Corona untuk penelitian. Manajemen RSUD Mamuju berharap pemerintah alokasikan pembelian APD
Foto: Antara/Umarul Faruq
Dokter patologi klinik memeriksa sampel media pembawa virus Corona untuk penelitian. Manajemen RSUD Mamuju berharap pemerintah alokasikan pembelian APD

REPUBLIKA.CO.ID, MAMUJU -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mamuju Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menyiapkan ruang isolasi bagi pasien yang terdampak virus corona penyebab COVID-19.

"Kami telah menyiapkan ruang isolasi transit pasien yang dilengkapi tiga ruang bangsal perawatan," kata Direktur RSUD Mamuju dr Titin di Mamuju, Rabu (18/3).

Menurut dia, walaupun peralatan medis untuk penanganan pasien COVID-19 masih minim di ruang isolasi transit, namun tidak menjadi hambatan dalam memberikan pelayanan. Titin, mengatakan, manajemen rumah sakit telah telah meminta pemerintah agar dapat mengalokasikan pembelian alat medis habis pakai (AMHP) dan alat pelindung diri (APD).

Selain itu pihaknya juga meminta penyediaan alat teknis kesehatan lain seperti alat pengukur suhu tubuh atau thermal gun. Namun pemerintah Mamuju juga telah menyediakan cairan antiseptik dan sarana cuci tangan guna mencegah penyebaran virus yang awalnya merebak di Wuhan, China hingga kini telah menyebar ke sejumlah negara termasuk Indonesia.

Kasus positif COVID-19 di Indonesia pertama kalinya diumumkan pada 2 Maret 2020 oleh Presiden Joko Widodo. Hingga saat ini data Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 mencatat sebanyak 227 kasus positif, 11 orang sembuh dan 19 meninggal dunia.

Sementara pembaruan data secara global hingga Rabu (18/3) pukul 12.00 WIB sebanyak 198.193 kasus terkonfirmasi, 81.961 orang sembuh dan tercatat kematian mencapai 7.954 orang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement