Kamis 19 Mar 2020 05:15 WIB

Kiat Jaga Kinerja Tim Saat Harus Kerja dari Rumah

Ada tujuh hal yang bisa dilakukan untuk pastikan kerja tim tetap terjaga.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
(Ada tujuh hal yang bisa dilakukan untuk pastikan kerja tim tetap terjaga (Foto: ilustrasi kerja tim)
Foto: Flickr
(Ada tujuh hal yang bisa dilakukan untuk pastikan kerja tim tetap terjaga (Foto: ilustrasi kerja tim)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bekerja dari rumah saat ini telah menjadi kebijakan beberapa perusahaan demi menurunkan risiko penyebaran pandemi Covid-19. Akan tetapi, metode bekerja dari rumah bisa berjalan tidak optimal tanpa pengelolaan tim kerja yang baik.

Setidaknya, ada tujuh hal yang bisa dilakukan untuk memastikan kerja tim tetap terjaga meski bekerja dari rumah. Berikut ini adalah ketujuh hal tersebut seperti dilansir Inc, Kamis (19/3).

Baca Juga

 

Pengecekan harian

Selama ini, komunikasi yang terjalin ketika menerapkan bekerja dari rumah biasanya hanya dilakukan melalui telepon atau surel. Pengecekan kinerja harian selama bekerja dari rumah perlu dilakukan satu demi satu dan tatap muka melalui percakapan video.

Tiap anggota tim perlu melihat atasan seara langsung meski sedang bekerja dari rumah. Beberapa aplikasi seperti Zoom dan Team Hangout dari Google bisa membantu kelancaran komunikasi ini.

 

Banyak Berkomunikasi

Saat bekerja dalam tim, komunikasi rutin merupakan salah satu kunci keberhasilan. Bekerja dari rumah bisa memunculkan rasa kesepian dan terisolasi bila seorang pekerja sudah terbiasa untuk saling berkomunikasi di tempat kerja. Untuk itu, memelihara komunikasi meski bekerja dari rumah masing-masing juga perlu dilakukan.

photo
(Foto: ilustrasi kerja tim) - (Flickr)

Manfaatkan Teknologi

Pemimpin dalam tim perlu memastikan bahwa tiap anggotanya tetap terhubung. Untuk itu, alat komunikasi menjadi hal yang penting. Komunikasi melalui surel dan pesan singkat mungkin bisa menjadi solusi jangka pendek. Akan tetapi alat komunikasi seperti Slack dan Microsoft Teams dapa menjadi alat komunikasi yang leih baik unutk komunikasi dan kolaborasi.

 

Sesuaikan Ekspektasi

Saat bekerja dari rumah, seorang pemimpin tim juga perlu menyesuaikan ekspektasi saat memberikan tugas. Beberapa hal yang perlu disesuaikan adalah terkait tenggat waktu serta cakupan tugas.

 

Fokus Pada Hasil Bukan Aktivitas

Sulit untuk bisa mengelola semua aspek dari masing-masing anggota tim ketika sedang bekerja dari rumah. Oleh karena itu, ketua tim perlu mengalihkan fokus kepada hasil akhir dibandingkan, daripada memantau tiap jam perkembangan pekerjaan anggota tim.

 

Fasilitasi Anggota Tim

Untuk bisa bekerja dengan baik dari jauh, tentu diperlukan beragam fasilitas yang mumpuni. Tiap anggota tim tentu memerlukan beberapa fasilitas seperti laptop, perangkat lunak hingga koneksi internet yang baik.

Ketua tim sebaiknya tidak beranggapan bahwa tiap anggotanya memiliki semua fasilitas penunjang ini dalam kondisi yang baik. Sebaliknya, ketua tim justru perlu memastikan apakah tiap anggota tim memiliki fasilitas-fasilitas yang diperlukan dalam bekerja. Bila ada anggota tim yang tak memiliki fasilitas memadai, ketua tim perlu memberikan jalan keluar.

 

Fleksibel

Dalam situasi seperti ini, tiap anggota tim tentu memiliki banyak hal untuk dihadapi. Saat bekerja dari rumah, akan cukup sulit untuk bisa benar-benar menerapkan jam kerja seperti biasa. Untuk itu, ketua tim perlu memberikan kepercayaan, kebebasan dan fleksibilitas kepada tiap anggota tim untuk menyenlesaikan pekerjaannya. Cara seperti ini justru dapat mendorong anggota tim untuk bisa bekerja lebih produktif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement