Rabu 18 Mar 2020 22:07 WIB

Besok, Sidang Perdana Kasus Novel Baswedan Digelar

Virus corona belum membatalkan agenda persidangan kasus Novel Baswedan.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Indira Rezkisari
Penyidik KPK Novel Baswedan.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Penyidik KPK Novel Baswedan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengadilan Negeri Jakarta Utara rencananya akan tetap menggelar sidang perdana terkait perkara penyiraman air keras terhadap penyidik senior KPK, Novel Baswedan, Kamis (19/3) besok. Dua tersangka, yakni Rahmat Kadir dan Rony Bugis pun akan dihadirkan dalam sidang perdana itu.

"Tetap on schedule (sidang perdana kasus Novel Baswedan)," kata Humas PN Jakarta Utara, Djuyamto saat dihubungi, Rabu (18/3).

Baca Juga

Djuyamto mengungkapkan, sidang rencananya digelar pada pukul 13.00 WIB. Dia menjelaskan, agenda sidang tetap digelar berdasarkan pada Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Hakim dan Aparatur Peradilan dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Dalam surat edaran itu diketahui berisi mengenai pernyataan yang menyebutkan bahwa persidangan perkara pidana, pidana militer, jinayat tetap dilangsungkan sesuai dengan jadwal persidangan yang telah ditetapkan. "(Sidang digelar) dengan mempedomani Surat Edaran Sekretaris MA No.1 tahun 2020," papar Djuyamto.

 

Djuyamto akan memimpin sidang perdana itu selaku Ketua Majelis. Kemudian Taufan Mandala dan Agus Darwanta sebagai hakim anggota, serta Panitera Pengganti, yakni Muhammad Ichsan.

Sebelumnya, Tim Teknis Bareskrim Polri menangkap dua tersangka penyiram air keras terhadap Novel Baswedan, yakni Ramhat Kadir dan Rony Bugis di Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Kamis (26/12) malam. Diketahui, kedua tersangka itu merupakan anggota Polri aktif dari Satuan Brimob yang melakukan penyiraman air keras terhadap Novel bermotifkan dendam.

Novel Baswedan disiram air keras berjenis Asam Sulfat atau H2SO4 pada Selasa 11 April 2017. Pria yang menangani kasus korupsi KTP elektronik yang melibatkan eks Ketua DPR RI Setya Novanto itu diserang usai menunaikan shalat Subuh di masjid dekat kediamannya di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement