Rabu 18 Mar 2020 21:53 WIB

Pasien Positif Corona di Samarinda Membaik

Pasien ditangani sejak Sabtu dan kondisinya cenderung membaik.

Petugas medis berada di area ruang isolasi. Ilustrasi
Foto: Republika/Abdan Syakura
Petugas medis berada di area ruang isolasi. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA -- Pasien terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19) di Samarinda, Kalimantan Timur, dikabarkan dalam kondisi mulai membaik. Pasien tersebut sudah beberapa hari menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Abdul Wahab Syaharanie, Samarinda.

"Kami telah menangani pasien tersebut mulai hari Sabtu (14/3), dari pertama kali masuk dengan gejala panas tidak terlalu tinggi dan batuk, saat ini kondisinya cenderung membaik, dan batuknya juga sudah mulai berkurang," kata Plt Direktur RSUD Abdul Wahab Syahranie Samarinda, Dr David Hariadi di Samarinda, Rabu (18/3) malam.

Pihaknya tidak memberikan terapi khusus kepada pasien dalam pengawasan ( PDP) termasuk yang sudah terkonfirmasi positif corona, dan penanganan medis hanya disesuaikan dengan gejala yang dialami oleh pasien tersebut.

"Kami melakukan secara prosedural saja sesuai dengan arahan Kemenkes dan Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, karena Covid-19 ini adalah penyakit baru dan memang belum ditemukan obatnya," jelasnya.

Karena sejak awal, pasien PDP yang dirawat di RSUD AWS Syahranie ini dengan gejala flu dan batuk maka tim medis yang diturunkan adalah Dr spesialis paru-paru. "Kami ada 4 tim dokter spesialis paru dan semuanya kita turunkan, mereka juga dibantu oleh Dr ahli Gizi dan sejumlah perawat," tegasnya.

Sejauh ini, RSUD AWS Syahranie telah menyiapkan satu ruang khusus untuk perawatan pasien corona yakni di ruang tulip.

Di ruang Tulip ini, dikatakan Dr David bisa menampung sekitar 40 orang pasien. "Kami juga telah membuat tenda khusus, sebagai antisipasi kemungkinan membludaknya pasien di ruang isolasi," tegas Dr David.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement