Rabu 18 Mar 2020 19:06 WIB

Cegah Penyebaran Corona, LIPI Tutup 4 Kebun Raya

Penutupan sementara akan dilakukan mulai Kamis 19 Maret hingga Selasa 31 Maret

Rep: Nugroho Habibi/ Red: Andi Nur Aminah
Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko(Republika TV/Havid Al Vizki)
Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko(Republika TV/Havid Al Vizki)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sementara waktu menutup empat Kebun Raya yang dikelolanya. Langkah itu, sebagai wujud antisi LIPI terhadap persebaran wabah virus Corona atau Covid-19.

Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko mengungkapkan empat kebun raya yang ditutup yakni, Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi, dan Kebun Raya Eka Karya Bali. “Penutupan sementara akan dilakukan mulai Kamis 19 Maret hingga Selasa 31 Maret (2020). Akan dibuka kembali setelah melihat perkembangan situasi,” ujar Handoko di Bogor, pada Rabu (18/3).

Baca Juga

Sebagai lembaga riset negara, menurut Handoko, LIPI berkewajiban menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat. Sepatutnya, dia mengatakan, LIPI harus berpartisipasi aktif mencegah penyebaran COVID-19 secara lebih luas.

Kepala Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI, R Hendrian mengungkapkan selama penutupan akan dilakukan langkah-langkah pencegahan. Di antaranya penyemprotan desinfektan ke seluruh fasilitas-fasilitas publik di Kebun Raya.

Hendrian menegaskan, LIPI tetap akan melakukan mekanisme pengaturan kerja kepada pegawai. Demikian, koleksi tumbuhan Kebun Raya tetap terjaga dan terawat dengan baik.  “Sehingga ketika nanti dibuka kembali Kebun Raya tetap nyaman, rapi dan dalam kondisi terpelihara baik untuk dikunjungi masyarakat,” jelas Hendrian.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement