Wednesday, 4 Syawwal 1441 / 27 May 2020

Wednesday, 4 Syawwal 1441 / 27 May 2020

DPD Dukung Langkah Pemerintah Atasi Corona

Rabu 18 Mar 2020 17:07 WIB

Rep: Ali Mansur/ Red: Gita Amanda

Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono menyerukan bersatu dan bergotong royong melawan Covid-19.

Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono menyerukan bersatu dan bergotong royong melawan Covid-19.

Foto: Republika/Fauziah Mursid
Wakil Ketua DPD menyerukan bersatu dan bergotong royong melawan Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPD) RI Nono Sampono menegaskan pihaknya mendukung langkah-langkah Pemerintah dalam penanggulangan wabah virus Corona atau Covid-19. Juga mendukung Pemerintah untuk sementara belum mengambil kebijakan “lockdown” secara nasional serta memberikan kewenangan kepada Pemerintah Daerah.

"Apabila terjadi peningkatan eskalasi bencana secara ekstrim, DPD RI mengimbau Pemerintah untuk membuka ruang atau bahkan meminta bantuan dari negara-negara sahabat terutama yang sudah mampu mengatasi dan memiliki vaksin Covid-19," ungkap Nono dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Rabu (18/3).

Kemudian, kata Nono, DPD RI akan melakukan perubahan/penyesuaian program dan kegiatan antara lain kunjungan-kunjungan baik dalam negeri maupun luar negeri. Serta persidangan pada Masa Sidang DPD RI III Tahun Sidang 2019-2020 akan disesuaikan dengan Anggota DPD RI untuk tetap berada di daerah pemilihan. Itu dilakukan dalam rangka melaksanakan tugas mendesak guna antisipasi, pencegahan, dan kewaspadaan penyebaran Covid-19.

"Melalui kegiatan diantaranya pengawasan, pemantauan, supervisi, advokasi, fasilitasi, konsultasi, koordinasi dan pertemuan terbatas dengan pemerintah daerah serta komponen masyarakat di daerah," terangnya.

Selanjutnya, Nono mengatakan, pihaknya menginstruksikan Sekjen DPD RI melakukan pengaturan kedinasan bagi Pejabat, Pejabat Fungsional, Pelaksana, Staf Anggota Bidang Keahlian/Administrasi di Ibu Kota Negara dan Provinsi, dan PPNPN untuk bekerja dari rumah masing-masing guna menghindari kontak fisik secara masif. Menghimbau kepada Anggota DPD RI dan masyarakat untuk mengoptimalkan penggunaan berbagai media komunikasi online seperti email, media sosial, atau aplikasi komunikasi lainnya.

"Menghindari diri dan tidak mengambil bagian dari berita-berita hoaks, serta menjaga kesehatan dan keselamatan diri dan keluarga terutama menghindari kontak fisik dan kerumunan massa. Mari kita bersatu dan bergotong-royong melawan Covid-19," tutup Nono.

Baca Juga

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler