Rabu 18 Mar 2020 16:46 WIB

Di Tengah Wabah Corona, BIJB Kertajati Tetap Beroperasi

BIJB secara berkala disterilkan dengan desinfektan.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Friska Yolandha
Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.
Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, MAJALENGKA -- Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, dipastikan tetap beroperasi melayani penerbangan meski Indonesia tengah menghadapi darurat kesehatan terkait pandemi corona atau Covid-19. Isu yang sempat beredar bahwa bandara itu ditutup, dipastikan merupakan kabar bohong alias hoaks.

"Saya pastikan, Bandara Kertajati tetap buka dan beroperasi dengan normal melayani penumpang dan maskapai," tegas Direktur Utama PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (PT BIJB), Salahudin Rafi, dalam siaran persnya, Rabu (18/3).

Baca Juga

Rafi mengakui, bisnis penerbangan saat ini terdampak paling signifikan akibat penyebaran virus corona. Menurutnya, hampir semua bandara di Indonesia bahkan dunia mengalami penurunan jumlah penumpang dan penutupan sejumlah rute penerbangan.

"Situasi ini dialami oleh semua bandara, termasuk Bandara Kertajati. Tapi, penurunan itu bukan berarti menutup operasi," tukas Rafi.

Selain masih melayani penumpang ke sejumlah rute, lanjut Rafi, Bandara Kertajati pun tetap harus beroperasi mengingat statusnya sebagai bandara alternatif dan menjadi perlintasan rute penerbangan lain. Karena itu, Bandara Kertajati tidak mungkin berhenti operasi.

Rafi menambahkan, pihaknya pun sudah melakukan berbagai upaya pencegahan penyebaran virus corona di Bandara Kertajati. Salah satu upayanya dengan penyemprotan disinfektan di dalam bandara, mulai dari layanan hingga ruang tunggu dan gerai.

"Kami ingin memastikan bandara clean and clear, aman dari virus Corona, dan aman bagi penumpang yang akan terbang dari sana," tutur Rafi.

Rafi menambahkan, penyemprotan disinfektan itu merupakan bentuk komitmen BIJB Kertajati untuk tetap memberikan pelayanan dan kenyamanan bagi calon penumpang. Menurutnya, seluruh upaya yang telah dilakukan itu mengikuti standar kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah.

Pihak BIJB Kertajati menjadwalkan penyemprotan disinfektan rutin sebulan dua kali. Namun dalam satu pekan terakhir, disinfektan sudah dua kali dilakukan. Dalam penyemprotan disinfektan tersebut, mereka bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kertajati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement