Rabu 18 Mar 2020 14:39 WIB

Arkeolog Temukan Keledai di Makam Bangsawan China Kuno

Bangsawan China Cui Shi meminta agar keledai kesayangannya dimakamkan bersamanya.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Tulang belulang keledai yang ditemukan di makam bangsawan China.
Foto: ancient find
Tulang belulang keledai yang ditemukan di makam bangsawan China.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Arkeolog menemukan seekor keledai yang dimakamkan bersama bangsawan wanita di China. Para peneliti menemukan makam di Xi’an, sebuah kota di wilayah tengah Cina pada 2012. Saat itu, mereka bertanya-tanya mengapa ada tulang keledai diantara barang-barang dalam kuburan tersebut.

Dari temuan itu, mereka lantas menggali cerita di baliknya. Para arkeolog belum pernah melihat ini sebelumnya dan bertanya mengapa ada binatang yang dimakamkan bersama dengan seorang perempuan bangsawan. Mereka mencari jawaban dan kemudian menemukan kisah-kisah kuno mengenai kehidupan elit Dinasti Tang.

Baca Juga

Beberapa saat sebelum menutup usia, seorang perempuan bangsawan dari Kekaisaran China bernama Cui Shi, meminta agar keledai kesayangannya dimakamkan bersamanya. Ia meninggal pada tahun 878 M dan selama ini dikenal gemar melakukan olahraga polo keledai di zaman Dinasti Tang.

Dilansir CNN, Shi memiliki harapan untuk dapat tetap melakukan olahraga favoritnya itu setelah kematian. Namun, tentu saja tidak ada yang mengetahui hal itu, hingga

“Tidak ada adalah untuk seorang perempuan seperti Cui Shi mengguanakan seekor keledai, apalagi mengorbankannya untuk kehidupan setelah meninggal,” ujar Songmei Hu, penulis utama studi dan antropolog dari Akademi Arkeologi Shaanxi, dalam penelitian yang diterbitkan di jurnal Antiquity.

Dalam sebuah teks sejarah, diketahui perempuan bangsawan sering melakukan olahraga polo keledai, yang dikenal di Cina sebagai Lvju. Tetapi, penemuan memberi bukti langsung dari permainan ini dan bagaimana para perempuan dari status yang lebih tinggi melakukannya dalam periode tersebut.

Shi menikah dengan Bao Gao, pemain polo yang terampil pada saat itu yang dipromosikan ke pangkat umum oleh Kaisar Xizong karena memenangkan pertandingan polo. Kaisar menggunakan permainan sebagai cara untuk menentukan jenderal melalui kompetisi.

Namun, polo menggunakan kuda besar itu berbahaya. Gao bahkan sempat kehilangan penglihatan akibat kecelakaan dalam sebuah pertandingan. Secara terpisah, ada Kaisar Muzong yang juga diketahui meninggal dalam pertandingan ini.

Lvju, atau polo yang dimainkan menggunakan keledai, lebih disukai karena alasan ini. Keledai dianggap lebih aman dan nyaman untuk ditunggangi selama olahraga.

"Dokumen sejarah juga menunjukkan bahwa para perempuan dari Dinasti Tang suka bermain polo keledai," kata Fiona Marshall, rekan penulis studi dan arkeolog di Universitas Washington di St. Louis, Amerika Serikat (AS).

Marshall menganalisis tulang keledai yang ditemukan di makam. Para peneliti ingin menentukan apakah keledai benar-benar termasuk dalam kuburan, atau apakah mereka telah disimpan di sana oleh penjarah.

Penanggalan radiokarbon mengkonfirmasi bahwa tulang-tulang itu berasal dari kuburan berdasarkan usia mereka. Analisis juga mengungkapkan tekanan pada tulang yang terjadi ketika keledai masih hidup. Dari sana ditemukan bahwa tidak terdapat jenis stres yang biasanya ditemukan pada hewan paket yang digunakan untuk membawa beban berat.

Sebaliknya, pola-pola regangan pada tulang konsisten dengan hewan yang sering berlari dan berputar. Keledai di makam Shi juga lebih kecil dari yang diperkirakan dari hewan paket. Ini menunjukkan bahwa mereka dibesarkan untuk bermain polo dan keledai yang ditemukan di makam perempuan bangsawan itu berusia sekitar enam tahun, usia utama digunakan bermain polo.

"Konteks ini memberikan bukti bahwa keledai di makamnya adalah untuk polo, bukan transportasi. Ini menegaskan klaim keledai polo dari literatur bersejarah,” kata Hu.

Polo menjadi olahraga populer di Cina pada masa Dinasti Tang, yang berlangsung dari 618 hingga 907 M.  Permainan ini berakar di Iran dan diperkirakan telah menyebar ke seluruh benua antara 247 SM dan 224 M.

Xi'an, dulu dikenal sebagai Chang'an, adalah ibu kota dari Dinasti Tang. Ketika para arkeolog menggali kuburan batu bata Shi, mereka menemukan barang-barang yang ditinggalkan para penjarah: sebuah batu nisan bertuliskan namanya, sebuah sanggurdi timah dan tulang-tulang keledai yang tersebar.

Chang'an juga dianggap sebagai awal dari Jalur Sutra, di mana perdagangan dimulai dan orang-orang menggunakan rute untuk bepergian dan memindahkan barang melintasi Asia Tengah. Keledai tak terhindarkan menjadi bagian dari rute perdagangan ini, tetapi bukti aktual keberadaan mereka jarang ada.

"Keledai adalah hewan paket pertama, mesin uap pada zaman mereka di Afrika dan Eurasia barat, tetapi kita hampir tidak tahu apa-apa tentang penggunaannya di Asia Timur. Kerangka keledai belum ditemukan. Ini mungkin karena mereka mati di sepanjang rute perdagangan dan tidak dilestarikan," kata Marshall.

Kerangka di makam itu memberikan kesempatan unik untuk mempelajari keledai dan peran mereka di era Dinasti Tang Cina. Keledai pertama kali didomestikasi antara 3.000 hingga 4.000 SM. Penelitian juga mengungkapkan bahwa hewan ini digunakan sebagai pembungkus untuk pengambilan sampah di Eurasia, tetapi dianggap sebagian besar diabaikan untuk digunakan dalam peperangan, upacara atau hiburan.

Marshall, yang juga merupakan seorang zooarchaeologist keledai terkenal, mengatakan penemuan ini menempatkan keledai di lingkungan elit dibandingkan dengan bagaimana sejarah memperlakukan mereka sebaliknya. Ia mengatakan keledai adalah hewan yang kuat, juga lembut, dan berperan yang sangat penting dalam kehidupan.

"Keledai adalah hewan yang kuat juga lembut dan mengisi peran sangat penting  bagi petani dan pedagang yang membawa banyak barang di banyak bagian dunia. Temuan ini menunjukkan bahwa keledai juga memiliki tempat sebagai status tinggi daripada hewan yang rendah hati," jelas Marshall.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement