Rabu 18 Mar 2020 13:34 WIB

PLN Jatim Jamin Keandalan Listrik Disaat Merebaknya Covid-19

PLN UID Jawa Timur berkomitmen untuk tetap melaksanakan pelayanan.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Agus Yulianto
Petugas melakukan pengecekan gardu induk untuk memastikan distribusi listrik aman. (Ilustrasi)
Foto: Antara/Fenny Selly
Petugas melakukan pengecekan gardu induk untuk memastikan distribusi listrik aman. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  SURABAYA -- PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur memastikan, merebaknya virus corona tidak sampai mengganggu aktivitas pelayanan operasional baik di Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) maupun Unit Layanan Pelanggan (ULP). General Manager PLN UID Jatim Bob Saril menyampaikan, pihaknya akan tetap memberikan pelayanan seperti biasa, namun tetap mengedepankan aspek keselamatan dan kesehatan pegawai.

Bob melanjutkan, kewaspadaan dilakukan dengan meningkatkan prosedur pengecekan kesehatan terhadap para pegawai maupun tamu. Di antaranya melalui pengecekan suhu tubuh. Hal tersebut dilakukan agar proses pelayanan kepada masyarakat bisa terus berjalan aman dan nyaman.

“Sehubungan dengan adanya wabah virus corona di Indonesia, PLN UID Jawa Timur berkomitmen untuk tetap melaksanakan pelayanan seperti biasanya kepada masyarakat terkait dengan pemasangan baru atau perubahan daya maupun pelayanan teknik,” kata Bob Saril di Surabaya, Rabu (18/3).

Bob menambahkan, apa yang dilakukan tersebut sejalan dengan Surat Edaran Direksi Nomor 003 tentang Antisipasi Penyebaran Virus Corona (Covid-19) di Lingkungan PT PLN (Persero). Dalam surat tersebut diingatkan, pegawai PLN tetap siaga dan sigap untuk menjaga pasokan listrik ke masyarakat.

Selain itu, kata Bob, untuk mengantisipasi penyebaran virus ini di kalangan pegawai, PLN menghimbau agar perjalanan dinas dan atau non dinas ke luar negeri untuk sementara tidak dilakukan. Bagi pegawai PLN maupun keluarga yang sebelumnya pernah melakukan perjalanan ke luar negeri, diminta untuk segera melaporkan perjalanan serta memeriksakan diri apabila mengalami gejala yang mengarah terjangkitnya virus corona.

Bob mengatakan, pemerintah sudah menyarankan untuk melakukan social distancing, dimana masyarakat disarankan untuk beraktivitas di rumah. Hal ini membuat semakin banyak masyarakat yang akan menghabiskan waktunya di rumah untuk beraktivitas. Maka dari itu, menurutnya, keandalan listrik harus terjaga.

Bob juga memastikan, pihaknya memprioritaskan kelistrikan di rumah sakit yang menjadi rujukan penanganan virus corona. “Menjaga keandalan dan suplai listrik adalah tugas PLN agar masyarakat tetap dapat beraktivitas walaupun di rumah dengan nyaman,” ujar Bob Saril.

Bob mengingatkan, melakukan pekerjaan di tengah pandemi Covid-19 bukan hal yang mudah. Maka dari itu, dia mengingatkan, pegawai harus terus menjaga kesehatan dan pola hidup agar tidak mudah tertular. PLN UID Jawa Timur diakuinya sudah menyiapkan fasilitas pengecekan Covid-19 melalui fasilitas klinik dan bekerja sama dengan rumah sakit terkait.

“Pegawai tidak perlu khawatir karena PLN akan melindungi dan memastikan kesehatan dan keselamatan pegawainya,” kata Bob Saril.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement