Rabu 18 Mar 2020 13:28 WIB

Bandara Kertajati Tetap Beroperasi Normal

Bandara Kertajati tetap beroperasi penuh melayani penerbangan.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Nora Azizah
Bandara Kertajati tetap beroperasi penuh melayani penerbangan (Foto: suasana Bandara Kertajati)
Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Bandara Kertajati tetap beroperasi penuh melayani penerbangan (Foto: suasana Bandara Kertajati)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Bandara Kertajati, Majalengka, dipastikan tetap beroperasi normal melayani penerbangan di tengah wabah corona Indonesia. Direktur Utama PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (PT BIJB), Salahudin Rafi, mengatakan, kabar yang beredar bahwa bandara Kertajati tutup beroperasi tidak benar.

“Saya pastikan, Bandara Kertajati tetap buka dan beroperasi dengan normal melayani penumpang dan maskapai,” ujar Rafi dalam rilis korporasi, Rabu (18/3).

Baca Juga

 

Rafi mengakui bisnis penerbangan saat ini terdampak paling signifikan akibat penyebaran virus corona. Pasalnya, hampir semua bandara di Indonesia bahkan dunia mengalami penurunan jumlah penumpang dan penutupan sejumlah rute penerbangan.

“Situasi ini dialami oleh semua bandara, Kertajati termasuk tapi penurunan bukan berarti menutup operasi,” katanya.

 

Selain melayani penumpang ke sejumlah rute, kata dia, Bandara Kertajati pun tetap harus beroperasi. Hal ini mengingat statusnya sebagai bandara alternative dan juga menjadi perlintasan rute penerbangan lain.

“Kita sifatnya bandara alternatif atau alternate aerodrome juga, jadi tidak mungkin berhenti operasi. Pelayanan tetap normal,” katanya.

 

Menurutnya, pihak Bandara Kertajati sudah melakukan tahapan pencegahan penyebaran virus corona. Secara rutin, pihaknya melakukan disinfektan bandara dari mulai layanan hingga ruang tunggu dan gerai.

“Kami ingin memastikan bandara clean and clear, aman dari virus corona, dan aman bagi penumpang yang akan terbang dari sana,” kata Rafi.

 

Proses disinfektan ini, kata dia, merupakan bentuk komitmen BIJB Kertajati agar tetap bisa memberikan pelayanan dan kenyamanan bagi calon penumpang. Menurutnya seluruh tahapan ini mengikuti standar kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah.

“Sudah sesuai dengan arahan pemerintah juga perintah Pak Gubernur Ridwan Kamil,” katanya.

 

Bandara Kertajati sendiri, kata dia, menjadwalkan akan rutin melakukan disinfektan sebulan dua kali. Dalam satu pekan terakhir, sudah dua kali disinfektan ini dilakukan.

“Kami bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kertajati,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement