Tuesday, 3 Syawwal 1441 / 26 May 2020

Tuesday, 3 Syawwal 1441 / 26 May 2020

Euro Diundur, Koeman Tunda Latih Barcelona

Rabu 18 Mar 2020 10:10 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Muhammad Akbar

Ronald Koeman

Ronald Koeman

Foto: Reuters/Carl Recine
Kontraknya sebagai juru taktik De Oranje juga diperpanjang hingga tahun depan.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Pelatih tim nasional (timnas) Belanda, Ronald Koeman menyatakan akan menunda untuk melatih Barcelona karena Euro diundur hingga 2021. Sebab, kontraknya sebagai juru taktik De Oranje juga diperpanjang hingga tahun depan.

"Klausul kontrak saya adalah setelah Euro agar bisa ke Barcelona. Tidak ada tanggal yang disebut, jadi setelah Euro 2021," kata Koeman kepada Marca, dilansir Sportsmole.

Ia tak mempermasalahkan kontraknya sebagai pelatih timnas Belanda diperpanjang. Koeman juga memiliki waktu lebih panjang untuk mempersiapkan skuat, salah satunya adalah memulihkan kondisi Memphis Depay yang sedang cedera.

"Tapi saya tetap menyesal Euro tidak jadi digelar tahun ini. Kami lolos dengan catatan apik dan sedang dalam kondisi tim yang baik," ujarnya.

Koeman pun menerima keputusan UEFA terkait pengunduran Euro. Menurutnya, keselamatan lebih penting di tengah pandemik virus corona. Euro yang semula digelar pada 12 Juni-12 Juli 2020 dijadwal ulang menjadi 11 Juni-11 Juli 2021.

Di satu sisi, jika Koeman melatih Barcelona maka itu menjadi momentum pulang kampungnya. Saat masih menjadi pemain, ia menghabiskan enam tahun di Camp Nou dan mencatat 200 penampilan. Ia juga sempat menjadi asisten pelatih pada 1998-2000 sebelum melatih Ajax, Benfica, Southampton dan Everton.









BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA