Rabu 18 Mar 2020 09:03 WIB

Cegah Corona, Baznas Gelar Kegiatan Cuci Karpet Masjid

Baznas telah melakukan berbagai macam aksi peduli pencegahan penyebaran Covid-19.

Uploading Baznas-bersihkan karpet1
Foto: Dok Baznas
Uploading Baznas-bersihkan karpet1

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Virus Covid-19 menerpa Indonesia. Jumlah korban Corona yang disebabkan virus Covid-19 terus bertambah.

Terkait hal itu, Baznas juga turut aktif mencegah penyebaran virus Covid-19. Salah satunya  melakukan kegiatan cuci karpet masjid.

"Karpet masjid merupakan benda yang paling rawan terhadap penularan penyakit sehingga kita berikhtiar untuk pencegahan penyebaran Covid-19 melalui aksi pembagian sajadah kepada jamaah masjid serta giat cuci karpet masjid di beberapa titik keramaian yang ada di Jakarta. Mudah-mudahan masyarakat tetap nyaman dalam beribadah" terang Miqdam Hasri, Staf Senior Dakwah dan Advokasi Baznas dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Seusai Tim Baznas  melakukan aksi  bersih karpet, salah seorang jamaah masjid memberikan tanggapan postif “Karpet terasa lebih nyaman dan bersih setelah dicuci,” kata salah satu seorang jamaah masjid. Takmir masjid juga mengapresiasi aksi Baznas dalam pencegahan Covid-19 di lingkungan masjid Baitut Taqwa, Jakarta Timur. 

Sebelumnya, Baznas  telah melakukan berbagai macam aksi peduli pencegahan penyebaran Covid-19. Adapun giat Baznas  yang telah dilakukan, di antaranya dengan edukasi melalui khutbah Jumat oleh Dai Mualaf Center Baznas;   membagikan 500 sajadah;  edukasi ke sekolah-sekolah;  edukasi melalui kelas daring Mualaf Center Baznas  dalam lingkup nasional;  penyediaan sabun dan anti septik di lingkungan kantor dan sekolah;  pelaksanaan program sanitasi berbasis masyarakat bersama Kementerian Kesehatan RI;  serta edukasi melalui poster digital. “Kegiatan tersebut telah terlaksana di beberapa wilayah Indonesia bagian Barat, Tengah, dan Timur,” kata Miqdam.

Salah satu visi Baznas  RI yaitu mengkoordinasikan Baznas  provinsi, Baznas kabupaten/kota, dan LAZ dalam mencapai target-target nasional. “Maka salah satu upaya pencegahan Covid-19, Baznas  bersama Forum Zakat (FOZ) membentuk Crisis Center Covid-19 yang diharapkan dapat mengkoordinasikan dengan pihak-pihak berwenang untuk membantu pencegahan penyebaran Covid-19 terutama pada mustahik dan kelompok-kelompok rentan bersama seluruh jaringan organisasi pengelola zakat se-Indonesia,” ujar Miqdam.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement